JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN 105 UNS Ajak Warga Desa Batan “Bersahabat” dengan Sampah

Ibu-ibu PKK Desa Batan, Kecamatan Bayudono, Boyolali tampak antusias menyimak penjelasan dari narasumber dalam acara Sosialisasi Bank Sampah dan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga yang digelar oleh mahasiswa KKN Kelompok 105 UNS / Foto: Istimewa

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Sampah adalah barang-barang sisa, yang dalam arti kata lain dapat disebut dengan limbah.

Secara harafiah, kata “sampah” atau “limbah” sudah memunculkan konotasi yang negatif. Sesuatu yang kotor dan mungkin berbau dan tak ada guna sama sekali bagi masyarakat.

Namun, mahasiswa KKN 105 UNS Surakarta ini ingin mengajak warga Desa Batan, Kabupaten Boyolali untuk “bersahabat” dengan sampah.

Tentu, ajakan ini bukan hal yang mustahil jika kita analogikan dengan anjuran Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu kepada rakyat untuk “bersahabat” dengan virus Corona.

Baca Juga :  HMPSA Fakultas Ekonomi Unisri Gelar Diskusi Akuntansi Pasca Pandemi

“Selalu ada sisi positif dari setiap kejadian, dan sampah tidak selamanya harus dipandang negatif,” papar  Wildan Firmansyah Hadi Putra, perwakilan dari KKN 105 UNS.

Karena itulah, mahasiswa KKN 105 UNS mengajak warga Desa Batan, Kabupaten Boyolali untuk mengakrabi sampah dengan menggelar “Sosialisasi Bank Sampah untuk Pengelolaan Bank Sampah Rumah Tangga” di Desa Batan, Kecamatan Banyudono, Boyolali.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan pada Jumat (5/8/2022) dengan narasumber Pengurus Bank Sampah di Desa Bangak, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Zulaikha, yang kebetulan juga Ketua Bank Sampah dari Desa Bangak.

Baca Juga :  Mantapkan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah, JSIT Jawa Tengah Gelar Workshop IKM Khas SIT

Wildan Firmansyah mengatakan, kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua PKK Desa Batan, Mardiana, serta Ibu-ibu PKK RT 11 Desa Batan.

Wildan, yang juga penanggung jawab kegiatan tersebut menyampaikan, sosialisasi mengenai bank sampah itu bertujuan agar masyarakat di Desa Batan perlu melek akan bahaya sampah apabila tidak dikelola dengan baik.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com