JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Mahasiswa KKN Data Desa Presisi UNS Perbarui Peta dan Data Sosial Desa Tlogotirto, Sumberlawang, Sragen

Tim spasial KKN DDP UNS-IPB sedang melakukan penangkapan citra geografis desa Tlogotirto, Sumberlawang, Sragen / Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam kegiatan apapun, akurasi dan kualitas data merupakan satu hal yang paling penting dan mendasar untuk lebih dulu dipegang.

Pasalnya, data yang kadaluwarsa, data yang keliru, tidak lengkap atau data yang tidak akurat, niscaya akan menghasilkan output yang tidak tepat pula.

Begitu juga bagi sebuah desa, maka data desa menjadi sangat urgent sebagai basis awal pembangunan sebuah desa agar lebih maju.

Data merupakan hal yang vital bagi desa, karena data memiliki peran sangat penting dalam perencanaan, perumusan, dan pembuatan kebijaksanaan bagi desa.

Negara sendiri mengatur penggunaan sistem informasi desa, termasuk pentingnya penyusunan data di Peraturan Menteri Nomor 21/2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Menurut Permen tersebut, data desa dibagi menjadi dua jenis, yaitu data spasial atau geografi desa dan data sosial masyarakat. Pentingnya peran data ini, mengharuskan data memiliki tingkat presisi yang tinggi.

Oleh karena itulah, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengadakan pembaharuan data desa dengan menerjunkan para mahasiswanya melalui program Kuliah Kerja Nyata Data Desa Presisi (KKN DDP).

Baca Juga :  Mahasiswa KKN 383 UNS Gelar Sosialisasi Digitalisasi dan Pemasaran Produk pada Pelaku UMKM di Karangtalun, Cilacap

Pembaharuan peta dan data itu dilaksanakan di beberapa desa di Soloraya yang tersebar di Kabupaten Sragen, Boyolali, Wonogiri dan Karanganyar.

Salah satu desa yang menjadi pelaksanaan program KKN berada di Kabupaten Sragen, tepatnya di  Kecamatan Sumberlawang, yakni Desa Tlogotirto.

Anggota KKN DDP UNS-IPB berfoto bersama dengan Perangkat Desa Tlogotirto dan petugas sensus / Istimewa

Sejumlah 21 mahasiswa yang terdiri dari 19 mahasiswa UNS dan tiga mahasiswa IPB diterjunkan selama 45 hari untuk membaur dengan masyarakat desa dan melaksanakan pembaharuan data Desa Tlogotirto. Penerjunan KKN ini dilaksanakan pada Senin (4/7/2022).

Program utama KKN DDP adalah memperbarui data spasial dalam bentuk peta desa dan pembaruan data sosial desa.

Untuk memastikan setiap kegiatan berjalan dengan maksimal, maka ke-21 mahasiswa KKN tersebut dibagi menjadi dua tim, yaitu Tim Spasial dan Tim Sosial.

Ketua Tim Spasial, Salman mengatakan, pembaharuan data spasial dilaksanakan melalui pemotretan citra geografis desa dengan drone.

Sementara itu, Ketua Tim Sosial, Maya mengatakan, pembaharuan data sosial dilakukan dengan melakukan sensus terhadap masyarakat desa.

 

Sosialisasi

 

Baca Juga :  Mahasiswa KKN 77 UNS Gelar Pelatihan Pembuatan Ecoprinting dan Resin Art di Desa Mranggen

Sebelum terjun ke lapangan, ketua tim tersebut melakukan  sosialisasi kegiatan KKN DDP di depan perwakilan masyarakat Tlogotirto pada Minggu (7/7/2022).

Sosialisasi dihadiri ketua RT yang akan menyalurkan informasi kepada RT terkait. Kegiatan awal itu berlangsung dengan lancar dan mendapat antusiasme yang tinggi dari perwakilan masyarakat Tlogotirto.

Ketua Tim Spasial, Salman mengatakan, kegiatan utama timnya yaitu mengambil citra Desa Tlogotirto menggunakan drone atau disebut dengan istilah Drone Participatory Mapping.

Penggunaan drone bertujuan untuk memperjelas gambar foto dari atas dimana sudah ada citra dari satelit namun kurang presisi.

Penggunaan drone itu diharapkan dapat mencapai kepresisian dalam pendataan desa sebagai pelengkap profil Desa Tlogotirto.

“Tahap ini kita lakukan bersama pemuda dan aparat desa yang meliputi penentuan titik koordinat batas desa, penentuan titik terbang drone, pengambilan citra desa dengan drone,” beber Salman.

Foto-foto yang diambil menggunakan drone tersebut, menurut Salman, akan dikumpulkan kemudian dilakukan perenderan dan penjahitan foto untuk disatukan daguna membentuk sebuah peta atau citra desa.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com