JOGLOSEMARNEWS.COM Market Lifestyle

Sistem COD Bikin Belanja di Shopee Semakin Menyenangkan

Shopee.co.id

Digitalisasi telah menyasar seluruh sendi kehidupan, termasuk dalam aktivitas berbelanja. Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dilakukan pada Juni 2020 melaporkan 56,8 persen responden pernah berbelanja daring atau online.

Dalam survei tersebut enam dari sepuluh responden memilih menggunakan metode pembayaran tunai. Artinya meski sistem belanja online digandrungi, sebagian besar masyarakat masih merasa lebih nyaman menggunakan metode bayar tunai ketimbang nontunai.

Nah, metode bayar tunai dalam belanja daring dapat dilakukan menggunakan sistem COD atau cash on delivery. Secara teknis COD adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat, usai barang pesanan diterima pembeli dari kurir.

Banyaknya masyarakat yang merasa nyaman menggunakan mekanisme pembayaran COD saat berbelanja daring disebabkan karena sistem ini menawarkan sejumlah keuntungan dari sisi pembeli. 

Keuntungan Sistem COD Shopee Untuk Pembeli

Salah satu marketplace yang dapat menggunakan sistem COD untuk belanja online adalah Shopee. Dengan menggunakan sistem COD saat berbelanja di Shopee, Anda sebagai pembeli akan mendapatkan sejumlah keuntungan di antara lain :

1.       Tidak perlu memiliki akun bank

Anda tidak memerlukan rekening bank untuk dapat melakukan transaksi menggunakan sistem COD pada layanan Shopee. Setelah melakukan checkout barang belanjaan di keranjang Shopee, Anda tinggal memilih metode pembayaran COD untuk transaksi pembayaran.

Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan transfer maupun membayar menggunakan virtual akun bank. Ketika penjual sudah mengonfirmasi barang pesanan, artinya Anda hanya perlu menunggu pesanan barang tiba di depan pintu rumah Anda.

2.       Tidak perlu keluar jauh dari rumah untuk melakukan pembayaran

Dengan memilih sistem pembayaran COD saat melakukan transaksi belanja online di Shopee, Anda tidak perlu keluar rumah untuk melakukan pembayaran di mitra pembayaran Shopee seperti Indomaret/i.saku.

Pembayaran baru akan Anda lakukan kepada kurir saat barang pesanan sudah tiba ke lokasi pengiriman.

3.       Dapat melakukan pembatalan pesanan

Di saat pesanan barang sudah terlanjur dilakukan namun Anda berubah pikiran, Anda dapat melakukan pembatalan pesanan di saat barang sudah tiba ke lokasi pengiriman.

Meski begitu, Anda tetap perlu memikirkan masak-masak sebelum melakukan pesanan karena metode pembayaran COD Anda bisa dinonaktifkan bila membatalkan pesanan sebanyak 2 kali dalam 60 hari berturut-turut.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com