JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Awas!Cuaca Ekstrim Melanda Wilayah eks Karesidenan Surakarta, ini Hal yang Harus Dilakukan

Cuaca ekstrim
Evakuasi pohon tumbang di Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Awas!cuaca ekstrim melanda wilayah eks Karesidenan Surakarta, ini hal yang harus dilakukan.

Sejak awal Oktober ini, cuaca ekstrim melanda sejumlah wilayah di eks Karesidenan Surakarta, salah satunya Wonogiri.

Buktinya, hujan deras disertai angin ribut, menyebabkan pohon tumbang dan mengenai bangunan rumah di Kecamatan Ngadirojo, Sabtu (8/10).

BPBD Wonogiri meminta agar masyarakat meningkatkan kewaspadaannya.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto menjelaskan, Wonogiri termasuk wilayah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem. Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto meminta warga mewaspadai banjir, tanah longsor, hingga angin ribut.

“Sabtu-Minggu (8-9/10) kemarin, ada sejumlah bencana akibat angin kencang yang melanda Wonogiri. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian-kejadian itu. Namun masyarakat wajib waspada dan siaga dengan potensi bencana alam. Hari ini (kemarin) juga ada fenomena mendung dan hujan di Wonogiri,” kata Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto, Senin (10/10/2022).

Baca Juga :  Kecelakaan di Sawahan Gedong Pracimantoro Wonogiri, Pengendara Honda Vario Meninggal Usai Tabrak Truk dari Belakang

Pada, akhir pekan lalu, hujan deras disertai angin kencang, melanda tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Wonogiri, Ngadirojo, dan Selogiri. Menyebabkan pohon tumbang di sejumlah titik.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto menambahkan, bencana alam tak bisa diprediksi secara pasti. Karena itu perlu upaya mitigasi yang dilakukan masyarakat. Ambil contoh bencana tanah longsor. Bisa diantisipasi dengan menutup rekahan tanah yang ada di tebing. Terutama yang berada di dekat permukiman warga.

Baca Juga :  Mengenal Pemanfaatan Program Indonesia Pintar di Ujung Barat Laut Wonogiri

Mitigasi lainnya, bisa dengan membersihkan selokan ataupun sungai untuk mengantisipasi banjir. Pohon yang mungkin kelebihan beban, bisa dikurangi bebannya. Dipangkas dahannya atau dipotong jika batangnya sudah lapuk. Apalagi yang ada di sekitar permukiman.

Selain itu, masyarakat harus mewaspadai sambaran petir. Terutama saat hujan deras di sertai angin ribut yang sempat melanda sejumlah wilayah di Wonogiri, akhir pekan lalu.

Masyarakat yang kebetulan masih di jalan, harus berhati-hati. Kemarin terjadi pohon tumbang di sejumlah titik. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com