JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Konsumsi Jamur So, Belasan Warga Bantul Keracunan

Ilustrasi keracunan / tribunnews
   

BANTUL, JOGLOSEMARNEWS.COM Jamur so telah membawa korban belasan warga Kelurahan Temuwuh, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul.

Dari total jumlah korban, sebanyak 10 orang telah diperbolehkan pulang ke rumah dan satu orang lagi masih menjalani perawatan di Puskesmas Dlingo.

Kapolsek Dlingo, AKP Basungkowo menjelaskan, kejadian itu bermula ketika salah seorang warga Temuwuh mencari jamur so pada Minggu (23/10/2022) sore.

Adapun jamur so biasanya muncul di area yang terdapat pohon melinjo. Jamur tersebut biasanya tumbuh saat musim penghujan.

Baca Juga :  Ini 15 Perusahaan di Yogya yang Diawasi Terkait Pembayasan THR

Lebih lanjut diungkapkannya, setelah mendapatkan jamur tersebut, warga tersebut mengolahnya untuk dikonsumsi bersama beberapa warga lainnya.

“Setelah memasak dan memakannya warga mengeluh pusing, mual, muntah dan demam,” ujarnya Senin (24/10/2022).

Mendapati hal tersebut, masing-masing keluarga langsung membawa anggota keluarga yang kesakitan ke Puskesmas Dlingo I untuk mendapatkan pertolongan medis.

Basungkowo mengungkapkan, warga yang mendapatkan perawatan mencapai belasan orang.

“Jadi ada 11 orang keracunan jamur so dan dibawa ke Puskesmas. Nah, 10 langsung diperbolehkan pulang dan satu lagi besok pagi pulang karena masih merasakan pusing, mual dan muntah,” bebernya.

Baca Juga :  Polres Bantul Sita 30 Kg Bahan Petasan dan Amankan 3 Orang Pelaku, Seorang Masih Buron

Belajar dari kejadian tersebut, Basungkowo mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi dan memasak jamur. Semua itu untuk mencegah kasus serupa terjadi kembali.

“Karena jika salah dalam mengolah maupun memasak jamur bisa menimbulkan risiko seperti keracunan,” pungkasnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com