JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Bikin Bangga, Syabda Belawa Pebulutangkis Berdarah Mondokan Sragen Juara Malaysia Internasional Series 2022

Syabda Perkasa Belawa. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pebulutangkis berdarah Sragen, Syabda Perkasa Belawa, kembali mengharumkan nama Indonesia.

Baru-baru ini, ia sukses meraih juara di Malaysia International Series 2022. Syabda menumbangkan utusan China, Lei Lan Xi, di Kompleks Skukan MBI Ipoh, Malaysia, pada Minggu (13/11/2022).

Syabda menundukkan Lei Lan Xi melalui permainan straight game atau dua gim langsung dengan skor 21-17 dan 21-18.

Selepas pertandingan, Syabda mengaku sangat bersyukur bisa menempati podium juara di Malaysia International Series 2022.

“Alhamdullilah akhirnya saya bisa meraih gelar juara di turnamen ini dengan selamat dan tidak ada cedera,” ujarnya.

Kemenangan atas Lei Lan Xi tak lepas dari persiapan matang yang sudah dilakukan Syabda Perkasa Belawa sebelum memulai pertandingan.

“Tadi dari awal pertandingan saya sudah menyiapkan pola untuk mengajak lawan bermain reli. Juga menyerang dan saya tidak mau gampang memberi poin untuk lawan,” tuturnya.

Pemain muda berusia 21 tahun itu juga sukses menjadi pahlawan penentu kemenangan Indonesia 3-2 atas Tim Thomas Korea Selatan.

Syabda adalah pemain bulutangkis jebolan PB Djarum Kudus. Berbekal permainan menawan dan sering menjuarai event junior, ia mendapat kans masuk Pelatnas PBSI tahun 2018.

Baca Juga :  Polres Sragen Tangkap Pelaku Penipuan Jual Beli Wood Pellet di Facebook, Korban Mengalami Kerugain Mencapai Ratusan Juta Rupiah

Di Pelatnas, ia bergabung bersama beberapa nama pemain muda seperti Alwi Farhan, Bobby Setiabudi, Christian Adinata, Chico Aura Dwi Wardoyo dan beberapa nama lainnya.

Pemain asal Klub PB Djarum Kudus itu ternyata berdarah Sragen. Ia merupakan cucu salah satu mantan Kades di Desa Sumberejo, Mondokan, Sragen.

“Iya, Syabda Perkasa Belawa itu asli punya darah Sragen. Bapaknya dari Kalijambe dan ibunya dari Sumberejo Mondokan. Dia cucunya Mbah Lurah sepuh Sumberejo,” papar Kades Sumberejo Mondokan, Sentot Nugroho, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (25/12/2022).

Meski lahir dan dibesarkan di Bekasi, Jakarta, namun orangtua Syabda tercatat punya rumah di Sumberejo.

Rumah tersebut beralamat di Dukuh Ngroto RT 14, Sumberejo, Mondokan. Bahkan setiap tahun, Syabda dan keluarganya selalu mudik ke Sumberejo Sragen.

“Memang sekarang menetap di Bekasi karena pekerjaan orangtuanya di Bekasi. Tapi hampir tiap tahun pulang ke Sumberejo karena punya rumah di Sumberejo juga,” tandas Sentot.

Syabda tampil sebagai pahlawan penentu kemenangan tim Thomas Cup Indonesia pada laga penentuan grup melawan Korea yang digelar di Impact Stadium Bangkok, Rabu (11/5/2022) malam.

Baca Juga :  Mantan Bupati Sragen Untung Wiyono Blak-Blakan Tak Restui Untung Wina Sukowati Maju di Pilkada Sragen 2024, Ini Alasannya !

Dipasang sebagai tunggal ketiga, Syabda sukses menjalani debut perdananya dengan menyumbang satu poin untuk membawa Indonesia unggul 3-2.

Permainan ngotot dan taktis yang dimilikinya, membuatnya mendapat kepercayaan mengisi skuad Thomas Cup 2022.

Namun kepercayaan itu dijawabnya dengan kemenangan mengagumkan di partai krusial penentuan juara Grup A, Rabu (11/5/2022) malam.

Syabda tampil luar biasa dengan memenangi laga dramatis melawan tunggal ketiga Korea, Lee Yun Gyu dalam laga tiga set. Wardoyo

Profil Lengkap:
Nama: Syabda Perkasa Belawa
Tempat lahir: Jakarta, 25 Agustus 2001
Usia: 20 tahun
Peringkat BWF: 636
Asal Klub: PB Djarum
Pegangan raket: tangan kanan
Instagram: @syabdaperkasa
Hobi: Main Game, Movie

Daftar Prestasi:
Juara Superliga Junior 2018(Beregu putra)
Juara Pembangunan Jaya Cup Junior 2018(Beregu campuran)
Juara Djarum Sirnas Bali Open 2018(tunggal taruna putra)
Juara Jakarta International Series 2019(tunggal putra)
Juara BWF World Junior Mixed Team Championship Piala Suhandinata 2018
Medali perak PON XX Papua 2021(sektor tunggal putra)
Medali perak PON XX Papua 2021(beregu putra)
Skuad Tim Thomas Cup 2022
Sumber: Berbagai Sumber

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com