JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ini 5 Tips Maksimalkan Pembakaran Lemak Perut

Ilustrasi olahraga. Foto: pixabay
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM ย – Mengelola berat badan dan mengurangiย lemakย perut tergantung pada olahraga, mengelola stres, cukup tidur, dan makan makanan yang sehat.

Serat makanan juga sangat penting, seperti makan cukup buah dan sayuran segar. Pertimbangkan camilan berserat tinggi juga dapat memaksimalkan penurunan lemak perut dan tetap pada jalurnya.

Selain itu, latihan kekuatan seperti kardio adalah tambahan yang solid untuk rutinitas kebugaran, yang akan membantu membakar kalori ekstra dan menghilangkan lemak di seluruh tubuh.

Namun, jika tidak memaksimalkan waktu kardio, Anda akan memakan waktu lebih lama untuk mencapai hasil akhir yang diinginkan.

Simak lima tips kardio berikut yang akan membantu menggandakan pembakaran lemak perut.

Naikkan kecepatan
Apakah Anda biasanya melakukan hal yang sama untuk kardio? Jika demikian, saatnya membawa tubuh ke level berikut. Salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan meningkatkan kecepatan saat berolahraga. Cara ini segera meningkatkan pembakaran kalori pada lemak perut. Jika menggunakan treadmill, Anda dapat meningkatkan kecepatan normal sebesar 0,5-1 kpj dan lihat bagaimana respons tubuh. Jika agak terlalu keras, biasakan kecepatan itu. Jika tidak, tingkatkan sedikit lagi.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Lakukan latihan interval
Jika hanya melakukan kardio dengan kondisi stabil, inilah saatnya untuk mencampur dan menambah beberapa interval. Latihan HIIT dapat membakar lebih banyak kalori daripada dalam kondisi stabil dan juga lebih efisien. Atau mulailah dengan latihan yang lebih singkat selama 10-15 menit. Lari cepat selama 15-20 detik, jelajahi dengan kecepatan yang nyaman selama 30-40 detik, lalu ulangi.

Tambahkan variasi pada latihan kardio
Jika tetap dengan rutinitas lama yang sama tidak membantu tujuan penurunan berat badan, tubuh menjadi lebih efisien dalam hal itu, menghasilkan lebih sedikit pembakaran kalori. Waktu latihan juga bisa sangat membosankan. Anda dapat mengubah jenis kardio yang dilakukan. Misalnya, jika terjebak di treadmill, ubah variasi kardio dengan bersepeda atau mendayung.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Naikkan tanjakan
Cara lain untuk menggandakan jumlah lemakย perutย yang dibakar selama waktu kardio adalah dengan meningkatkan tanjakan. Jika ingin menggunakan treadmill atau berlari ke atas bukit di luar, ini adalah cara yang solid untuk mengaktifkan lebih banyak otot kaki, yang pada gilirannya akan membantu membakar lebih banyak kalori dan lemak. Saat menggunakan treadmill, mulailah dengan menaikkan tanjakan 5-10 derajat. Pastikan botol air penuh karena ini adalah tantangan kecil yang menyenangkan.

Lacak detak jantung
Salah satu cara paling efektif untuk melihat seberapa banyak upaya yang dilakukan dalam latihan kardio adalah dengan mengenakan monitor detak jantung. Monitor semacam itu memberi gambaran tentang seberapa keras berlatih, di zona mana Anda bekerja, dan bagaimana kemajuan pemulihan. Dengan melacak statistik, Anda akan tahu kapan harus meningkatkan intensitas sehingga dapat membakar lebih banyak kalori.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com