JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

PDIP dan PKS Kompak, 5 Dapil atau 6 Dapil Tak Masalah

Ilustrasi Pemilu. Fraksi PDIP, PKB dan PKS mengusulkan penggunaan hak Angket terkait dugaan kecurangan Pemilu 2024
   

BOYOLALI, JOLOSEMARNEWS.COM – Menyusul penambahan kursi DPRD Boyolali dari 45 menjadi 50 kursi, KPU setempat pun menata daerah pemilihan (Dapil).

Saat ini penataan Dapil masih tahapan uji publik.

Lalu, bagaimana tanggapan Parpol terkait penataan Dapil tersebut?

Ketua DPC PDIP Boyolali, Susetya Dwi Hartanta menyatakan kedua opsi itu sama-sama menguntungkan PDIP.

“Ya, ada dua versi usulan. 5 Dapil dan 6 Dapil. Opsi 5 Dapil tidak terlalu banyak mengalami perubahan. Tapi yang jadi 6 Dapil terjadi perubahan cukup signifikan,” katanya, Kamis (1/12/2022).

Dijelaskan, wilayah Kecamatan Ngemplak dan Nogosari jadi Dapil sendiri dinilai cukup menguntungkan. Pasalnya, caleg yang akan bertarung jadi lebih fokus untuk menggarap wilayahnya.

Baca Juga :  Begini Serunya Tradisi Bakda Sapi di Lereng Merapi Dukuh Mlambong,  Musuk, Boyolali! Ternak Sapi Diarak Keliling Pedukuhan

“Tapi bagi kami semuanya menguntungkan. Kita sudah punya perhitungan. Pemetaan juga sudah kita mulai untuk dua opsi itu.”

Pendapat senada diungkapkan Ketua DPD PKS Boyolali, Nur Arifin.

Baginya, kedua opsi itu tak akan merugikan PKS. Meski begitu, dia menilai juga rencana pertama yakni sama dengan 5 Dapil. Sebab, Kecamatan Gladagsari yang geser ke Dapil 2 itu akan menambah jumlah kuota kursinya.

Dengan begitu, pembagian kursi per dapil jadi lebih merata. Karena selama ini Dapil 2 kursinya paling sedikit. Dengan tambahan kecamatan Gladagsari, maka jumlah kursi yang diperebutkan bisa 9.

“Jadi bisa seimbang dengan Dapil-dapil lainnya yang selama ini antara 9-11 kursi. Namun kami yakin, keputusan KPU nanti yang terbaik dan tak merugikan PKS sebagai peserta Pemilu.”

Baca Juga :  Sebanyak 875 JCH Boyolali Ikuti Manasik, Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

Seperti diberitakan sebelumnya, ada dua opsi rencana Dapil yang ditawarkan KPU Boyolali. Pertama tetap sama jadi 5 Dapil, namun wilayah Kecamatan Gladagsari yang semula masuk Dapil 1 digeser ke Dapil 2.

Opsi kedua, Dapil di Boyolali tambah satu, menjadi 6 Dapil.

Penambahan satu dapil itu berdampak pada penggeseran sejumlah kecamatan.

Kecamatan Gladagsari tetap geser ke Dapil 2. Kecamatan Teras yang  semula di Dapil 1  bersama Ampel, Boyolali, dan Mojosongo geser ke dapil 6 atau gabung dengan Kecamatan Sawit, Banyudono dan Sambi. Lalu Kecamatan Ngemplak dan Nogosari jadi satu Dapil, Dapil 5. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com