JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Apakah Nyamuk Lebih Suka Hinggap di Pakaian Warna Gelap?

Ilustrasi nyamuk demam berdarah. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Nyamuk merupakan binatang kecil bersayap yang suka menggigit dan menghisap darah manusia. Binatang terbang ini akan merajalela diberbagai tempat gelap, bahkan lebih cenderung suka menggigit orang yang pakai pakaian berwarna gelap.

Berbagai teori menjelaskan mengapa nyamuk suka warna gelap, seperti hitam. Bagi nyamuk spektrum pada warna sangat menarik perhatiannya terlebih saat ada yang menggunakan warna gelap.

Apakah Warna Baju Gelap Tanda Banyak Nyamuk?

Melansir dari mosquitojoe.com, mengenakan warna gelap membuat orang lebih banyak berkeringat. Nyamuk memiliki sensor yang sensitif dengan panas. Warna gelap lebih menarik bagi nyamuk karena dianggap lebih membaur dengan sekitarnya, itulah kenapa nyamuk lebih suka menghampiri tempat atau spot yang gelap.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Selain baju berwarna gelap, nyamuk juga mendekati seseorang yang memiliki suhu tubuh yang lebih hangat atau orang yang memiliki aroma tubuh tertentu. Nyamuk menyukai kelebihan CO2 yang dikeluarkan saat Anda berkeringat. Semakin banyak emisi karbon dioksida yang Anda hasilkan, semakin banyak gigitan yang akan Anda tanggung.

Jadi jangan heran jika Anda sering merasa gatal karena digigit nyamuk saat mengenakan baju berwarna gelap, seperti hitam.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Menghindari gigitan nyamuk
Mengutip dari mosquitonix.com, mengenakan pakaian lengan panjang berwarna terang adalah cara yang baik agar terhindar dari nyamuk. Selain itu, nyamuk bukanlah penerbang yang kuat, yang berarti kipas dapat menerbangkannya. Jadi, Anda dapat menggunakan kipas untuk mengusir nyamuk.

Keringat dan panas tubuh juga menarik nyamuk. Sering-seringlah mandi air dingin dan hindari pakaian yang akan meningkatkan suhu tubuh Anda. Hindari pakaian hitam dan lebih gelap apalagi pakaian yang lebih tebal, karena dapat menyerap panas matahari yang juga bisa membuat Anda berkeringat dan disukai nyamuk.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com