JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Bantah Harga Minyakita Naik: Barangnya Laris, Bukan hanya Masyarakat, Anggota DPR Juga Beli

Mendag Zulkifli Hasan pantau harga di Pasar Gede Solo. Foto: JSNews/Ando
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) membantah adanya kenaikkan harga minyak goreng merek Minyakita di pasar.

Zulhas mengatakan, yang terjadi di lapangan stok Minyakita yang terbatas. Ia menyebut bahwa minyak goreng yang diluncurkan olehnya sebulan setelah menjabat Mendag itu, menjadi favorit di masyarakat.

Minyakita (harga) nggak naik, tetap, cuma sekarang ini jadi favorit, semua orang ambilnya Minyakita jadi di pasar berkurang,” ujar Zulhas saat melakukan sidak di Pasar Cisalak, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (28/1/2023).

Zulhas mengatakan, terkait produksi pun dirinya menjamin tidak ada pengurangan jumlah. “Bukan berarti suplly-nya berkurang, tapi karena semua orang sekarang kalau beli minyak goreng ya Minyakita, jadi barangnya laris,” kata Zulhas.

Baca Juga :  Bamsoet: Pemerintahan Prabowo-Gibran Tak Perlu Oposisi

Ia lalu berkelakar, bahkan bukan hanya masyarakat yang membeli Minyakita, anggota DPR pun juga turut membelinya.

“Jadi barang datang langsung habis. Emang sekarang begitu, DPR juga pake beli lagi,” kata Zulhas.

Zulhas mengatakan, saat ini penjualan Minyakita meningkat dua kali lipat dari sebelumnya.

“Kalau dulu misalnya penjualannya satu sekarang jadi dua, yang dulu dua jadi empat, yang empat jadi delapan berlipat lipat gitu,” kata Zulhas.

Minyakita diluncurkan Zulkifli Hasan pada bulan Juli 2022. Minyak goreng kemasan itu diluncurkan guna menjawab tingginya harga minyak di pasaran kala itu.

Baca Juga :  Bukti Lebih dari Cukup, Hamdan Zoelva Yakin MK Bakal Kabulkan Gugatan Anies-Muhaimin

Harga eceran tertinggi (HET) Minyakita ditetapkan Rp 14 ribu per liter. Namun, dalam beberapa hari terakhir ini dijual kalangan pedagang di Pasar Legi Solo di harga Rp 17 ribu per liter.

Sejumlah pedagang di pasar yang menjadi pusat perkulakan di Kota Bengawan itu menyampaikan naiknya harga jual eceran Minyakita itu lantaran dalam beberapa hari terakhir ini sulit mendapatkan stok minyak goreng tersebut. Para pedagang mengaku harga beli Minyakita dari pemasoknya juga sudah sekitar Rp 14 ribu hingga Rp 14.500 per liter.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com