JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tak Hanya Tingkatkan Energi, Minum Kopi 2-4 Cangkir Tiap Hari Baik untuk Kesehatan Jangka Panjang

secangkir kopi hitam
Ilustrsai secangkir kopi. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari banyak orang di dunia. Dengan minum kopi diyakini akan menyempurnakan fokus dan meningkatkan energi seseorang.

Tak mengherankan, jika banyak orang meminum secangkir kopi setiap hari saat bangun tidur sebelum memulai aktivitas.

Bukan hanya sekedar menambang semangat dan meningkatkan energi saja, kopi juga mempunyai beberapa manfaat jangka panjang lainnya bagi kesehatan seseorang. Berikut adalah 7 manfaat yang dapat dihasilkan dari minum kopi.

1. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat dihubungkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 dalam jangka panjang. Faktanya, menurut pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, satu ulasan dari 30 penelitian menemukan bahwa setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari memiliki risiko sekitar 6 persen lebih rendah mengalami diabetes tipe 2. Sebab, kemampuan kopi menjaga fungsi sel beta di pankreas bertanggung jawab memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah. Selain itu, kopi juga kaya akan antioksidan dan dapat memengaruhi sensitivitas insulin, peradangan, dan metabolisme yang terlibat dalam pengembangan diabetes tipe 2.

Baca Juga :  Waktu dan Cara yang Tepat untuk Cek Gula Darah

2. Mendukung kesehatan otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melindungi seseorang dari gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk penyakit Alzheimer dan Parkinson. Menurut sebuah penelitian, orang yang secara teratur mengonsumsi kafein memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson. Sementara itu, tinjauan lain juga menemukan bahwa semakin banyak kopi yang dikonsumsi orang, semakin rendah risiko penyakit Alzheimer. Penelitian lainnya pun menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat mengalami risiko demensia dan penurunan kognitif yang lebih rendah.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

3. Meningkatkan manajemen berat badan

Menurut beberapa penelitian, kopi dapat mengubah penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus yang bermanfaat untuk manajemen berat badan, khususnya pada laki-laki. Satu penelitian menemukan bahwa orang yang minum satu hingga dua cangkir kopi per hari akan lebih mungkin memenuhi tingkat aktivitas fisik sebanyak 17 persen. Tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi dapat membantu meningkatkan manajemen berat badan.

4. Menurunkan risiko depresi

Melansir healthline, beberapa penelitian telah menemukan bahwa minum kopi dapat berhubungan dengan risiko depresi yang lebih rendah. Menurut satu ulasan dari 7 penelitian, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari dapat menghasilkan 8 persen seseorang mengalami risiko depresi lebih rendah. Terlebih lagi, satu penelitian lainnya menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko kematian akibat bunuh diri.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com