JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Keluarga Brigadir J Tak Terima Tuntutan Putri Candrawathi Sangat Rendah

Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J saat mendengarkan tuntutan JPU / Republika
ย ย ย 

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Keluarga almarhum Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat (J) tak terima dengan rendahnya tuntutanย  terhadap terdakwa Putri Candrawathi (PC).

Diketahui,ย  dalam kasus pembunuhan berencana itu, Putri Candrawathi hanya dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU)ย  selama 8 tahun penjara.

“Kami sekeluarga sangat kecewa,” kata Samuel Hutabarat, ayah Brigadir J.

Sementara itu,ย  pengacara Keluarga Brigadir J, Martin Lukas Simanjuntak, pun menilai tuntutan JPU terhadap Putri itu jauh dari bayangan selama ini.

โ€œSaya yang bukan keluarga korban (Brigadir J), dan saya bicara sebagai warga negara, melihat ini (tuntutan) sangat kecewa sekali,โ€ kata Martin saat ditemui usai mendengar pembacaan tuntutan JPU terhadap Putri di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu.

Martin mengatakan, tuntutan 8 tahun tersebut terlalu ringan.

โ€œKalau saya berbicara mewakili keluarga korban, klien kami, tuntutan seumur hidup saja (untuk Putri) itu kami tidak setuju. Apalagi ini cuma 8 tahun. Ini sangat tidak mencerminkan rasa keadilan bagi kami, dan keluarga korban,โ€ kata Martin.

Baca Juga :  Diduga Catut Nama Dosen di Malaysia, Prof Kumba Akhirnya Mundur dari Jabatan Dekan FEB Unas

Namun kata Martin, alih-alih menjadikan hukuman maksimal dalam Pasal 340 KUH Pidana sebagai basis dalam tuntutan JPU terhadap Putri. JPU dikatakan Martin, memberikan tuntutan yang tak sesuai dengan keyakinanya sendiri dalam pembuktian sangkaan Pasal 340 KUH Pidana tersebut.

โ€œJangankan juga seumur hidup. Ini cuma 8 tahun. Tuntutan ini sangat tidak adil,โ€ sambung Martin.

Menurutnya, JPU sudah memberikan keyakinan kepada hakim tentang bukti-bukti dan fakta-fakta hukum dalam uraian serta kesimpulan tentang rangkaian perbuatan yang dilakukan Putri terkait peristiwa pembunuhan berencana Brigadir J tersebut.

Martin mencontohkan seperti uraian JPU tentang peran-peran aktif dari Putri pada saat merencanakan pembunuhan sejak dari rumah Magelang, Jawa Tengah (Jateng).
Pun kata Martin, pada saat Putri, yang dalam uraian tuntutan JPU disebutkan melakukan semacam penggiringan untuk membawa terdakwa Kuat Maruf (KM), juga terdakwa Bripka Ricky Rizal Wibowo (RR) kembali dari Magelang, ke rumah Saguling III 29 di Jakarta Selatan.

Baca Juga :  Tolak Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Pengamat: PDIP Harus Punya Calon Internal yang Kuat

โ€œKalau kita bicara pada konteks yuridis, dakwaan Pasal 340 KUHP itu dibuktikan oleh jaksa penuntut umum. Tetapi dalam tuntutannya tidak mengacu ke ancaman hukuman dalam dakwaan itu sendiri. Ini (pembunuhan Brigadir J) kejahatan serius. Apa sih hukumannya yang pantas kalau kita mengacu (Pasal) 340?, ancamanna itu hukuman mati,โ€ kata Martin.

Tim Advokasi Keluarga Brigadir J, pun melihat tuntutan hukuman yang diajukan JPU tak sesuai dengan rangkaian perbuatan dan dampak perbuatan yang dilakukan Putri atas peristiwa pembunuhan berencana di Duren Tiga 46 Jakarta Selatan (Jaksel) itu.

Karena itu, Martin atas nama pembela hukum Keluarga Brigadir J, pun juga anggota Keluarga Brigadir J, meminta majelis hakim pengadilan untuk menjatuhkan hukuman melebihi tuntutan jaksa. โ€œKalau tidak dihukum lebih berat, bebaskan saja lah,โ€ ujar Martin. #republika

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com