JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Gibran Buka Peringatan Hari Pers di Solo. Ada Pameran Foto HPN di Masa Jokowi hingga Kethoprak Wartawan

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka (4 kiri), Ketua PWI Solo, Anas Syahirul (paling kanan) dan segenap jajaran Kemenkominfo berfoto bersama usai membuka Festival Pers 2023 di Monumen Pers / Foto: Prihatsari
   

 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Monumen Pers Nasional (MPN) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta menggelar sejumlah kegiatan untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang jatuh pada 9 Pebruari.

Sejumlah kegiatan sudah disiapkan oleh MPN dan PWI Surakarta dan dibuka secara resmi, Rabu (1/2/2023) bertempat di  Monumen Pers Nasional, Jalan Gajah Mada 59 Solo. Rangkaian HPN di Solo diawali dengan pameran foto bertema “HPN selama Kepemimpinan Presiden Jokowi 2014-2022” di Hall Monumen Pers Nasional yang akan berlangsung dari 1-25 Pebruari 2023

Rangkaian Hari Pers Nasional di Solo yang dikemas dalam tajuk Festival Pers 2023 dibuka oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan didampingi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta, Anas Syahirul dan Kepala MPN, Widodo Hastjaryo. Hadir pula para wartawan yang bertugas di Surakarta dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga :  Kasus Catering di Solo Kena Tipu Hampir 1 Miliar, Ternyata Menantu Tipu Mertua dan Istrinya Sendiri

Selain itu juga digelar talk show tentang pers di era disrupsi, lalu ada pelatihan jurnalistik untuk umum, pelatihan produksi video berita dengan handphone dan lainnya. Kegiatan tersebut dirangkai dalam tajuk Festival Pers HPN 2023.

 

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka (baju hitam) dan Dirjen IKP Kominfo Usman Kansong (depan kiri) saat melihat-lihat pameran foto di MPN. Foto: dok

 

Kepala MPN, Widodo Hastjaryo mengatakan pameran foto berasal dari dokumen pribadi, dokumen MPN hingga dokumen media-media lainnya. Pemilihan tema kepemimpinan Jokowi merupakan bentuk apresiasi atas kinerja dan perhatian Presiden Joko Widodo terhadap pers di tanah air.

PWI Surakarta juga menggelar Malam Tirakatan HPN bertempat di Hall MPN untuk melakukan refleksi atas perjalanan kesejarahan tantangan pers nasional khususnya pers di Surakarta.

Kemudian, talkshow tetang pers di sejumlah media penyiaran, pemberian apresiasi kepada tokoh inspiratif, Uji Kompetensi Wartawan (UKW), pelatihan kehumasan bagi humas Cabor olahraga di Solo.

PWI juga akan menggelar edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya informasi yang jernih di masyarakat di tengah maraknya hoaks. Uniknya, edukasi itu dikemas dalam pentas budaya Kethoprak pada 28 Pebruari mendatang.

Baca Juga :  BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo "Balik Kerja" Gratis

“Pentas kethoprak ini akan dimainkan oleh pemain gabungan dari kalangan wartawan, pejabat pemerintahan, tokoh masyarakat dan pemain dari RRI dengan mengambil tema pentingnya informasi jernih dan benar di era sekarang. Pementasan akan dilaksanakan di Auditorium RRI Surakarta,” ungkap Anas Syahirul, Ketua PWI Surakarta.

MPN juga menggelar acara untuk anak-anak berupa Mading 3D Competition Tingkat SMP/MTs pada 1-23 Februari 2023, workshop pembuatan video menggunakan handphone atau vlog pada 6 Februari 2023, lomba mewarnai untuk TK dan SD pada 12 Februari 2023, bertempat di Monumen Pers Nasional.

Acara yang digelar di Monumen Pers Nasional dapat dihadiri masyakarat umum. Festival Pers Nasional digelar untuk menarik perhatian masyarakat mengenal sejarah pers di Indonesia.(Dipo)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com