JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Menyagarkan dan Manis, Ini 8 Buah dengan Kadar Gula Tinggi

Buah mangga. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Buah-buahan mengandung banyak nutrisi serta serat yang baik untuk kesehatan. Rasa buah memang enak dan menyegarkan.

Selain kaya akan nutrisi dan serat beberapa buah mengandung kadar gula yang tinggi. Akibatnya, buah menjadi pilihan alternatif dan bahan alami untuk tubuh mengonsumsi gula.

Lalu, buah apa saja yang memiliki kadar gula tinggi? Berikut adalah delapan buah dengan kadar gula tinggi?

Berikut adalah daftar delapan buah yang memiliki kadar gula tinggi:

1. Apel

Melansir clevelandclinic.org, apel memiliki 25,1 gram gula yang setara dengan satu batang cokelat. Sebagian besar gula dalam apel adalah fruktosa atau sering disebut sebagai “gula buah” lantaran ditemukan secara alami dan tidak menyebabkan kadar gula darah atau insulin melonjak.

Selain itu, apel juga memiliki kandungan serat yang dapat membantu metabolisme glukosa tubuh. Perlu diperhatikan pula bahwa apel hijau biasanya memiliki lebih sedikit gula daripada apel berwarna merah.

2. Pir

Satu buah pir berukuran sedang mengandung 17,4 gram gula yang setara dengan satu gulungan kayu manis besar. Pir sama dengan apel yang memiliki fruktosa dan serat. Namun, berbeda dengan apel, kedua kandungan tersebut dapat diperoleh jika seseorang memakan satu utuh buah pir, bukan dari sirup pir kalengan. Sementara itu, jika ingin mengurangi kandungan gula dalam pir, seseorang bisa mengkombinasikan pir dengan yogurt rendah lemak atau salad.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

3. Ceri

Kandungan gula dalam ceri sebesar 19,7 gram atau setara dengan 57 gram batang cokelat. Ukurannya yang kecil dan sangat mudah dimakan membuat orang ketagihan dan sulit untuk berhenti mengonsumsinya. Akibatnya, penting untuk memperhatikan berapa banyak buah dan menahan rasa ingin selalu mengonsumsi ceri.

4. Anggur

Anggur memiliki kandungan gula sebesar 14,9 gram atau setara dengan sepotong kue. Sama dengan ceri, anggur menjadi salah satu buah yang mudah untuk dikonsumsi, tanpa harus memotongnya menjadi bagian lebih kecil terlebih dahulu. Akibatnya, seseorang sering sulit untuk berhenti dan menyadari seberapa banyak mereka mengonsumsinya.

5. Mangga

Satu buah mangga mengandung sebanyak 46 gram gula yang setara dengan 50 buah permen. Mangga yang termasuk dalam buah-buahan tropis memang memiliki kadar gula tinggi. Akibatnya, penting untuk meminimalkan asupan gula ketika mengonsumsi mangga. Sebab, dilansir WebMD, jika tidak memperhatikan kandungan gula dalam mangga, seseorang tidak dapat menjaga berat badan yang ideal.

Seseorang bisa mengonsumsi mangga dengan tambahan protein, seperti yoghurt rendah lemak yang dapat membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam darah.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

6. Pisang

Pisang memiliki kandungan gula sebesar 15,4 gram yang setara dengan kandungan gula dalam donat. Meskipun pisang tidak tampak seperti buah termanis, tetapi ada banyak gula yang tersembunyi di bawah kulitnya. Kandungan gula meningkat ketika pisang matang dan berubah dari hijau menjadi kuning.

Jika ingin menjaga stabil gula dalam tubuh, perhatikan porsi pisang. Pisang kecil lebih baik dikonsumsi daripada pisang besar lantaran memiliki kandungan gula lebih sedikit. Selain itu, seseorang juga bisa memotong setengah pisang besar untuk dijadikan sarapan pagi.

7. Nanas

Satu buah nanas mengandung 16,3 gula yang setara dengan satu potong pai ceri. Kadar gula yang terdapat dalam buah nanas dapat semakin meningkat jika disajikan dalam bentuk jus atau sirup.

8. Buah tin atau buah ara (fig)

Dua ukuran sedang buah tin mengandung 16 gram gula. Namun, jika sedang membatasi gula dalam tubuh, seseorang bisa mengiris beberapa buah tin dan menaburkan keju di atasnya untuk suguhan yang kaya protein. Dengan begitu, kandungan gula dalam tubuh dapat terpenuhi dengan sempurna.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com