JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Rapat di Istana Soal Pangan dan Kehutanan, 2 Menteri NasDem Tak Hadir. Apakah Ini Pertanda?

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Ada pemandangan yang berbeda dari biasanya di lingkungan istana negara  pada Selasa (31/1/2023) kemarin.

Dalam rapat di Istana negara, dua orang menteri dari NasDem tidak kelihatan datang. Padahal topik yang dibahas berkaitan langsung dengan posisi yang diemban dua menteri NasDem tersebut.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar dua kali rapat di Istana Negara kemarin. Dua rapat tersebut membahas soal pangan dan kehutanan.

Namun dalam rapat tersebut Menteri Pertanian(Mentan), Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan(LHK), Siti Nurbaya tidak terlihat batang hidungnya.

Hanya ada Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong.

Hal tersebut kemudian menjadi tanda tanya apalagi di tengah isu perombakan atau reshuffle kabinet.

Dirut Perum Bulog, Budi Waseso yang hadir dalam rapat membahas soal pangan mengatakan tak mengetahui alasan Mentan Syahrul Yasin Limpo tak diundang Jokowi.

Menurutnya, keputusan itu merupakan kewenangan Jokowi.

“Lho jangan tanya saya dong. Kan saya enggak tahu,” kata pria yang akrab disapa Buwas.

Namun begitu, Buwas menyatakan bahwa tidak diundangnya Mentan Syahrul Yasin Limpo bisa saja karena materi yang dibahas Jokowi adalah operasi pasar.

Baca Juga :  Fahri Hamzah: Prabowo Tak Punya Utang ke Partai dan Tak Bisa Ditunggangi

Adapun leading sektor dalam hal ini adalah Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI.

Karena itu yang terlihat hadir adalah Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.

“Ini kan operasi yang dimaksud Pak Presiden tadi, ini bagaimana melaksanakan operasi pasar. Operasi pasar kan stabilisasinya ada di Kemendag nih. Bulog pelaksananya. Badan pangan nasional yang pegang regulasinya itu. Ya itu aja mungkin (alasannya). Jadi jangan kemana-mana pikirannya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Buwas menambahkan bahwa Mentan Syahril Limpo tak diundang karena Kementerian Pertanian hanya fokus kepada pendistribusian.

“Karena Mentan kan produksinya. Yang itu tadi kan yang diutamakan Presiden kan pendistribusiannya ya kita bertiga yang tanggung jawab pendistribusiannya ini,” jelasnya.

Di sisi lain, Buwas menegaskan Presiden Jokowi pun tidak membahas soal reshuffle saat dirinya diundang ke istana.

“Enggak enggak (reshuffle),” tukasnya.

Dalam pantauan Tribun saat rapat ada beberapa menteri yang hadir.

Di antaranya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Bulog Budi Waseso, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, dan lainnya.

Kedatangan mereka untuk rapat internal bersama Presiden membahas sejumlah topik.

Bahlil mengatakan kedatangannya bukan membahas isu reshuffle atau evaluasi kinerja para Menteri.

Baca Juga :  Relawan Sang Menang Tetap Inginkan Kaesang di Pilkada Depok 2024

“Saya nggak tahu ya karna kebetulan kan saya ngurus investasi, saya bukan menteri mengevalusi kinerja,” kata Bahlil.

Terkait evaluasi kinerja, Bahlil mengatakan hanya Presiden yang mengetahui. Presiden kata Bahlil ibarat komandan dan para menteri sebagai pembantunya.

“Ya namanya pembantu pasti ada penilaian dari bosnya, ya yang tahu nilai berapa nilai berapa itu hanya bos saja, kami sesama sopir angkot enggak boleh mendahului dan saling menilai, saya kan belom tentu bagus juga masa mau nilai yang lain,” katanya.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi menjelaskan dalam rapat membahas soal pangan tiga pejabat terkait diminta Presiden untuk melakukan stabilisasi harga beras.

Presiden juga ingin stok beras di Bulog segera didistribusikan.

“Pak Presiden perintahkan langsung kepada kami bertiga untuk stabilisasi harga beras. Kemudian stok Bulog hari ini ada sekitar 300 ribu ton ini harap segera di salurkan,” ujarnya.

“Lalu Pasar Induk Cipinang yang hari ini 13 ribu ton harus di-top up sampai 30 ribu ton. Tapi nanti Pak Buwas minta downline-nya supaya tidak disalahgunakan jadi downline akan diberikan,” kata Arief.

www.tribunnews.com

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com