JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Sayuran Kaya Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan

Ilustrasi aneka sayuran. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Sayuran merupakan makanan yang baik untuk kesehatan. Dalam banyak jenis sayuran mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Mengutip Livestrong, tidak makan sayur dan buah bisa mengakibatkan kekurangan kalium. Hal itu akan meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan.

Contoh masalah kesehatan yang bisa terjadi antara lain detak jantung tidak teratur, kontraksi otot, gangguan saraf, dan tekanan darah tinggi. Dehidrasi dan ketakseimbangan elektrolit juga risiko jika minim mengonsumsi buah dan sayur.

Tidak mengonsumsi sayur dan buah meningkatkan risiko penyakit, sebab tubuh tidak mendapat asupan berbagai vitamin, mineral esensial, fitokimia, antioksidan, dan serat.

Berikut ini sejumlah sayur mayur yang kaya akan nutrisi:

1. Bayam

Mengutip Healthline, bayam salah satu bahan makanan yang banyak mengandung zat besi. Porsi 3,5 ons bayam mengandung 2,7 miligram zat besi. Bayam mengandung antioksidan, seperti zat karotenoid yang bermanfaat untuk mencegah kanker, radang akut, dan masalah penglihatan.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

2. Wortel

Wortel menyediakan vitamin A dan betakaroten yang tinggi. Wortel juga mengandung potasium, vitamin C dan K. Makan 2 hingga 4 wortel dalam satu pekan mengurangi risiko kanker kolorektal.

3. Brokoli

Dalam 91 gram brokoli terdapat 77 persen vitamin K, 90 persen vitamin C, folat, mangan, dan potasium. Konsumsi brokoli membantu memenuhi kebutuhan zat besi. Satu brokoli matang berukuran 156 gram mengandung 1 miligram zat besi. Brokoli juga mengandung vitamin C, K, dan folat yang membantu tubuh dalam penyerapan zat besi yang lebih baik.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

4. Kubis Brussel

Kubis Brussel mengandung antioksidan. Sayuran itumenyediakan serat, folat, magnesium, potasium, vitamin A, C, dan K. Kubis Brussel bersifat antiperadangan dan menjaga kesehatan usus, jantung, dan kontrol gula darah.

5. Kale

Mengutip Medical News Today, kale menyediakan 7 kalori, vitamin A, C, dan K dalam jumlah yang baik. Kale bermanfaat mengendalikan tekanan darah, kolesterol darah, dan kadar gula darah.

6. Kubis merah

Dalam 89 gram kubis merah tersedia 2 gram serat dan 56 persen vitamin C harian. Sayur ini juga mengandung antioksidan dan antosianin membantu melawan efek buruk radikal bebas. Kubis merah juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu mengendalikan berat badan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com