JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Silaturahmi dengan Komunitas Pelestari Seni Budaya Nusantara Surakarta, Anies Belanja Masalah

Anies Baswedan berfoto bersama dengan Komunitas Pelestari Seni Budaya Nusantara (KPSBN) di Padepokan Ki Anom Suroto, Jalan Timasan Makam Haji, Rabu (1/2/2023) / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM   Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bertemu Komunitas Pelestari Seni Budaya Nusantara (KPSBN) di Padepokan Ki Anom Suroto, Jalan Timasan Makam Haji, Rabu (1/2/2023).

Dalam acara yang dihadiri oleh dalang-dalang dari Soloraya tersebut, Anies mengaku berdiskusi soal kebudayaan dan bagaimana memajukan wayang kulit.

“Jadi komunitas pelestari seni budaya Nusantara (KPSBN) di situ penaung para dalang. Saya jadi pembina sejak tahun 2015, sudah 8 tahun. Sore hari ini kita silaturahmi dengan semua dalang-dalang berkumpul bersama. Kita diskusi soal kebudayaan soal memajukan wayang kulit. Sekaligus mereview apa yang sudah kita kerjakan bersama selama 8 tahun ini,” terangnya.

Selain itu, Anies yang juga merupakan Capres dari Koalisi Perubahan itu mengaku pertemuan tersebut sebagai ajang silaturahmi, bertukar pikiran, dan belanja masalah.

“Pertemuan tadi seperti silaturahmi, tukar pikiran, dan belanja masalah. Apa-apa saja yang perlu kita tingkatkan budaya kita agar tetap lestari. Terpenting ini adalah harus bisa difasilitasi ada 3 unsur utama pemerintah, pelaku seni, masyarakat itu yang penting,” tandasnya.

Baca Juga :  Diduga Penyakit Jantung Kumat, Pengemudi Kijang Oleng Hingga Tabrak Lapak Pedagang Buah di Kawasan Pasar Klewer Solo

Bowo, salah satu dalang, mengaku sangat berterima kasih dengan adanya KPSBN. Karena dapat menghidupi para seniman tidak hanya dalang.

“Jelas saat ini khusus dari seni pedalangan semakin lama semakin sulit untuk naik. Jadi salah satunya yang peduli disaat pandemi yang bisa nguri-uri tapi juga nguripi seniman bukan hanya dalang tapi dari bagian dalang itu ada pengrawit ada operator sound system, dan sebagainya yaang saat itu perduli adalah KPSBN,” katanya.

“Meskipun hanya sedikit, tapi kita termotivasi dan mendapatkan support dan semangat kami selaku seniman dalang mengucapkan terima kasih pada komunitas dalang telah menssuport,” pungkasnya.

Makin Solid

Sementara itu, menyinggung bergabungnya PKS dalam koalisi perubahan, diakui Anies membuat koalisi tersebut semakin solid dan kokoh.

Anies Baswedan merasa terhormat dengan bergabungnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersama Partai Nasdem dan Partai Demokrat ke dalam Koalisi Perubahan.

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

“Saya merasa terhormat atas kepercayaan yang diberikan PKS. Ini sebuah kepercayaan besar,” ujarnya.

Menurutnya, kerjasama dan dukungan dari PKS ini bukan pertama kali diterimanya dalam dunia politik.

Anies mengungkapkan, kepercayaan dari PKS melalui dukungan telah diterimanya saat mengusung dirinya ke Pilgub DKI Jakarta.

Dengan dukungan dari PKS kali ini, menurut Anies, maka meneruskan hubungan yang telah terbangun selama ini.

“Kita pun sudah bekerjasama ketika PKS mengusung di DKI Jakarta sehingga berkelanjutan. Ini bukan suatu yang baru, ini melanjutkan yang sudah terbangun. Mendorong adanya perbaikan, menghadirkan keadilan sosial dan itu harus dikerjakan bersama-sama,” bebernya.

Di sisi lain, Anies berharap dengan bergabungnya PKS ke dalam koalisi makin memperkuat soliditas yang telah terbentuk.

“Kita bersyukur setelah Bulan Oktober lalu Partai Nasdem yang pertama kali kemudian pekan kemarin Partai Demokrat dan pekan ini PKS. Insyaalloh soliditas bisa makin kuat,” tegasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com