JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

100 Pekerja Informal di Boyolali Terima Bantuan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dari PT JSN

Penyerahan bantuan kepesertaaan BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis dari PT JSN kepada para pekerja informal di Boyolali  / Foto: Ando
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Seratus warga Boyolali menerima bantuan stimulus Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dari PT Jasa Marga Solo Ngawi (PT JSN).

Penyerahan kartu secara simbolis ini dilakukan oleh  Direktur Utama PT JSN Mery Natacha Panjaitan, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Boyolali Bambang Indriyanto dan Kadisnaker Boyolali Bambang Sutanto, di aula Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Rabu (8/3/2023).

Dalam sambutannya,  Mery mengatakan
bantuan stimulus kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR)
bagi para pekerja informal atau pekerja rentan yang berada di wilayah kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali.

“Penyerahan bantuan stimulus kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja informal atau pekerja rentan ini merupakan implementasi atas Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Sebagaimana kita ketahui, Inpres 2 tahun 2021 mendorong semua kementerian lembaga, pemerintah daerah untuk bersama-sama melindungi para pekerja rentan atau pekerja informal yang selama ini merupakan salah satu segmen yang kurang terlindungi.

Baca Juga :  Kades Meninggal Dunia, 2 Jabatan Kepala Desa di Boyolali Kosong

Selain itu, lanjut Mery, program itu  juga merupakan bagian dari pelaksanaan Peraturan Menteri BUMN nomor PER-05/MBU/04/2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha Milik Negara (Program TJSL BUMN).

“Dalam peraturan ini disebutkan bahwa BUMN wajib melaksanakan Program TJSL BUMN yang salah satu tujuannya untuk memberikan kemanfaatan bagi pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, pembangunan lingkungan serta pembangunan hukum dan tata kelola bagi perusahaan,” katanya.

Mery menambahkan, kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan dan kolaborasi PT JSN selaku Badan Usaha Jalan Tol yang berkantor di wilayah kecamatan Ngemplak dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Boyolali.

Pihaknya ingin turut serta mendukung program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Boyolali sebagai salah satu bagian dari program pembangunan berkelajutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang telah dicanangkan Pemerintah.

“Saat ini kami PT JSN baru bisa memberikan bantuan stimulus kepesertaa BPJS Ketenagakerjaan untuk 100 orang warga masyarakat di 12 desa di Kecamatan Ngemplak berupa perlindungan atas jaminan kecelakaan kerja (JKK) serta jaminan kematian (JKM) selama 1 tahun kedepan.

Baca Juga :  Usai  Lebaran, Harga Bumbu Dapur di Pasar Boyolali Masih Tinggi, Namun Harga Sayur Turun

“Namun kami berharap ini menjadi langkah awal dari kami untuk dapat berkontribusi lebih banyak lagi dalam berkolaborasi mensukseskan program Pemerintah Daerah Kabupaten Boyolali selanjutnya,” katanya.

Salah satu penerima bantuan, Mustafa Kemal Pasha (21) warga Giriroto, mengaku senang mendapatkan bantuan tersebut. Apalagi di tempat ia bekerja, yakni di salah satu perusahaan pengecoran logam Ceper, Klaten ia belum mendapatkan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan.

“Saya sudah 1 tahun kerja tapi nggak ada program itu. Ada ratusan pekerja disana yang juga tidak mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Hal senada diungkapkan
Amir Subianto, peternak asal Desa Ngesreb. Ia berharap bantuan tersebut bermanfaat bagi para pekerja seperti dirinya.

“Ya tentu senang dibantu, semoga banyak manfaatnya,” pungkas dia. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com