JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Anda Sering Mengantuk Berlebihan Saat Kerja? Ini Kiat Penanganannya

Seorang karyawati sedang bekerja dengan ditemani secangkir kopi untuk mengusir rasa kantuk di siang hari. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Rasa kantuk yang tak tertahankan saat siang hari bisa mengganggu aktivitas kerja. Mengantuk berat atau berlebihan menyebabkan rasa ingin tidur yang tak tertahankan rentan menurunkan produktivitas, fokus, dan mengakibatkan gangguan suasana hati.

Rasa mengantuk yang berlebihan pada siang hari ini bisa disebabkan oleh berbagai hal antara lain begadang, kondisi medis, dan kesehatan mental.

Lantas adakah cara mengurangi rasa kantuk berlebihan ini?

Berikut ini adalah kiat mengurangi kantuk berlebihan saat siang hari

1. Konsumsi kafein

Konsumsi kafein salah satu cara menangkal kantuk di tempat kerja. Mengutip Healthline, kafein bisa meningkatkan aktivitas dan sistem saraf di otak. Manfaat tersebut mendorong kemampuan berpikir dan kinerja energi. Tapi, konsumsi kafein dalam porsi sewajarnya. Jika berlebihan berakibat gelisah dan menurunkan produktivitas tubuh.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

2. Berjalan-jalan sebentar

Duduk di satu tempat terlalu lama makin memperkuat kantuk pada siang. Bangkit dari tempat duduk sambil berjalan-jalan di sekitar ruangan. Aktivitas tersebut membantu meningkatkan aliran darah dan menjaga konsentrasi pikiran.

3. Mendengarkan musik yang ceria

Mengutip Verywell Health, disarankan untuk mendengarkan musik ceria saat mengantuk di tempat kerja. Musik ceria membangunkan otak dari situasi membosankan yang menyebabkan kantuk.

4. Makan siang ringan

Makan berat saat siang menyebabkan kantuk. Pilih sumber energi yang ringan, tapi padat nutrisi. Adapun di antaranya telur rebus, kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian. Sebaiknya menghindari camilan manis, soda, atau karbohidrat seperti roti putih.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

5. Ruang kerja terang

Ruangan yang terang membantu menangkal kantuk saat siang. Sebab, ruangan yang terang meningkatkan kewaspadaan dan energi. Apabila ruang kerja jauh dari jendela, bisa menggunakan lightbox untuk diletakkan di atas meja.

6. Power nap

Power nap sebutan lain untuk tidur siang singkat yang antara 10 menit hingga 30 menit. Pola ini memberi manfaat memberi tubuh tenaga tanpa mempengaruhi seseorang untuk tertidur saat malam.

Merujuk Mayo Clinic, tidur siang untuk power nap membantu seseorang merasa rileks, mengurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan suasana hati, meningkatkan kinerja, reaksi dan memori. Itu sebabnya, power nap membantu orang-orang yang membutuhkan kewaspadaan tinggi dalam pekerjaannya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com