JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Atasi Kulit Berminyak dengan 6 Cara Ini

Kulit wajah berminyakj
Ilustrasi kulit wajah bersih. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Kulit wajah yang berminyak dapat mengganggu penampilan karena wajah akan tampak mengkilap dan membuat make up tak tahan lama hingga mudah luntur.

Untuk mengatasi kulit berminyak pada wajah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Melansir laman Healthline, kulit berminyak merupakan hasil dari kelebihan produksi sebum dari kelenjar sebaceous.

Sebum merupakan zat berminyak yang terbuat dari lemak, kelenjar ini terletak di bawah permukaan kulit.

Tidak semua sebum buruk, karena berguna untuk membantu melindungi dan melembabkan kulit untuk menjaga rambut tetap berkilau dan sehat.

Namun terlalu banyak sebum dapat menyebabkan kulit berminyak, yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Beberapa hal seperti genetika, perubahan hormon, bahkan stres dapat meningkatkan produksi sebum.

Mengatasi kulit berminyak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Dilansir dari laman Medical News Today, berikut cara yang bisa dilakukan:

1. Mencuci wajah secara teratur

Mencuci wajah secara teratur dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit. Metode yang direkomendasikan untuk mencuci wajah dengan kulit berminyak yaitu:

– Cuci dengan sabun lembut dan air hangat.

– Hindari sabun dengan wewangian, pelembab tambahan, atau bahan kimia keras, yang dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit, membuat kulit merespons dengan menciptakan lebih banyak sebum.

– Hindari loofah dan waslap kasar, karena gesekan tambahan dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak minyak.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Memilih pembersih wajah yang tepat mungkin bekerja dengan baik untuk beberapa orang. Sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa pembersih wajah ringan yang dibuat dengan natrium laureth karboksilat dan alkil karboksilat efektif untuk mengatasi jerawat wajah, meskipun tetap meningkatkan produksi sebum di beberapa area wajah.

2. Gunakan toner

Toner astringen yang mengandung alkohol cenderung mengeringkan kulit. Namun, menurut sebuah studi pada 2014 astringen alami seperti witch hazel dapat menenangkan kulit.

Witch hazel memiliki kandungan tanin yang tinggi yang membuatnya menjadi astringen alami dan anti-inflamasi. Banyak orang dengan kulit berminyak menggunakan witch hazel sebagai toner mereka.

Namun, produk ini tidak berfungsi untuk semua orang. Beberapa orang mungkin akan mengalami wajah kesemutan atau gatal saat menggunakan toner astringen. Jika ini terjadi, itu mungkin merupakan tanda iritasi yang dapat menyebabkan lebih banyak produksi sebum.

3. Tepuk wajah hingga kering

Saat mengeringkan wajah setelah mencuci dan menggunakan toner, seseorang harus dengan lembut menepuk kulit mereka hingga kering dengan handuk lembut. Namun, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Menarik kulit ke bawah dengan handuk atau menggunakan waslap kasar tidak disarankan karena dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak sebum.

4. Gunakan kertas blotting

Banyak perusahaan membuat kertas bercak, yang merupakan kertas penyerap yang dirancang khusus untuk menarik minyak dari kulit. Kertas ini tidak akan mengobati produksi sebum di kulit, tetapi dapat digunakan untuk mengangkat minyak berlebih dari kulit.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

5. Gunakan masker wajah

Masker wajah tertentu bisa bermanfaat untuk merawat kulit berminyak. Masker wajah disarankan yang mengandung bahan-bahan seperti:

– Tanah Liat

Masker yang mengandung mineral seperti smectite atau bentonite dapat menyerap minyak dan mengurangi kilau kulit dan kadar sebum tanpa mengiritasi kulit. Gunakan bahan ini hanya sesekali karena dapat menyebabkan kulit kering.

– Madu

Sebuah studi pada 2011 melaporkan bahwa madu mentah alami memiliki kualitas antibakteri dan antiseptik. Menggunakan masker wajah madu selama 10 menit dapat mengurangi jerawat dan kulit berminyak dengan menjaga kulit tetap lembut.

– Oatmeal

Masker yang mengandung oatmeal koloid dapat membantu membersihkan kulit, seperti yang disarankan dalam sebuah studi tahun 2014. Oat mengandung saponin pembersih yang lembut, antioksidan, dan senyawa anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit yang teriritasi.

6. Gunakan moisturizer atau pelembab

Banyak orang dengan kulit berminyak menghindari pelembab karena takut kulit mereka akan terlihat lebih berminyak. Namun pada kenyataannya, menggunakan pelembab yang tepat dapat memberikan manfaat untuk jenis kulit ini.

Untuk orang dengan kulit yang sangat berminyak, pelembab bebas minyak dapat membantu menjaga kulit tetap lembab dan terlindungi, tanpa terasa berminyak. Sebuah studi pada 2014 menunjukkan bahwa lidah buaya bisa menjadi pelembab yang baik untuk mengobati jerawat dan kulit berminyak.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com