JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cara Enak Turunkan Kolesterol dengan 4 Buah Lezat Ini

Buah alpukat. Foto: Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Kolesterol dalam jumlah tertentu sangat berguna untuk tubuh, tetapi jika kolesterol dalam darah meningkat tajam atau hiperkoleterolnemia akan membahayakan kesehatan.

Sebab jika terus dibiarkan akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti stroke ataupun masalah jantung.

Meningkatnya kolesterol dalam darah bisa disebabkan oleh asupan lemak tinggi dan dapat pula faktor keturunan. Oleh karena itu menurunkan kolesterol perlu dilakukan.

Mengutip dari buku berjudul “Tumbuhan Sakti Atasi Kolesterol” yang ditulis oleh Setiawan Dalimartha dan Felix Adrian Dalimartha, dijelaskan bahwa ada buah-buahan yang efektif untuk menurunkan kolesterol diantaranya adalah:

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

1. Alpukat

Buah alpukat kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acid), sehingga dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol-LDL darah yang tinggi. Alpukat juga mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin A, vitamin E, fosfor, dan lainnya.

2. Belimbing manis

Belimbing manis memiliki buah denan rasa asam, manis dan sifatnya netral. Buah belimbing mengandung sejumlah nutrisi seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, dan vitamin. Selain digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, buah belimbing juga digunakan untuk meredakan batuk, hipertensi dan kencing batu.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

3. Pepaya

Buah pepaya yang sudah masak berkhasiat sebagai peluruh empedu, memacu enzim pencernaan, menambah nafsu makan, antioksidan dan membuang racun. Buah pepaya masak digunakan untuk menurunkan kolesterol darah yang tinggi, pengobatan sakit maag, hingga gangguan pencernaan.

4. Mengkudu

Khasiat mengkudu untuk menyembuhkan kolesterol pasti sudah tidak asing lagi, untuk menurunkan kolesterol tinggi Anda bisa menggunakan buah mengkudu masak yang berukuran sedang. Buah mengkudu mengandung xeronin, proxeronin, proxeronase, damnachantal, asam amino, mineral, dan beberapa zat lainnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com