JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Lezat, Ini Berbagai Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Ilustrasi buah naga. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Buah naga merupakan buah yang menyegarkan dan enak rasanya. Selain lezat buah naga juga disebut salah satu superfood karena kandungannya yang baik untuk kesehatan.

Buah naga diyakini mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Melansir heatlhline.com, ini beberapa nutrisi dalam buah naga, antara lain antioksidan, magnesium. kalsium, fosfor, hingga karbohidrat. Berikut adalah khasiat buah naga untuk kesehatan tubuh:

Berikut ini merupakan berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh:

1. Mencegah penuaan dini

Dilansir pharmeasy.in, kandungan antioksidan dalam buah naga membantu menjaga kekencangan kulit melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Buah naga juga diperkaya oleh beberapa zat penting yang dibutuhkan sel-sel tubuh antara lain fosfor dan fosfolipid. Kedua zat ini dapat mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C-nya dapat membantu kulit lebih cerah

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

2. Menjaga daya tahan tubuh

Dilansir healthline.com, vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan. Kandungannya juga membantu menstimulasi antioksidan. Selain itu, kandungan vitamin B1, B2, B3, kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin, dan serat juga berkontribusi meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Menstabilkan gula darah

Kandungan serat yang tinggi dalam buah naga dapat membantu menstabilkan tingkat gula darah. Melansir webmd.com, manfaat buah naga dapat menggantikan sel-sel yang rusak di pankreas yang membuat insulin, hormon tubuh yang berfungsi memecah gula,

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Melansir stylecraze.com, buah naga baik untuk sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat yang kaya membuat buah naga mengandung prebiotik, buah naga berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus. Serat makanan juga meningkatkan pergerakan usus dan mengobati kondisi seperti sembelit, sindrom iritasi usus besar (IBS), dan masalah gastrointestinal.

5. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Buah naga dapat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah studi dalam jurnal Pharmacognosy Research pada 2010, menemukan, konsumsi buah naga bisa menurunkan risiko berkembangnya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Selain itu, buah eksotik ini juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com