JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Cermin Ramadan 1444 H: Dari Jualan Toge Mbah Suyati Mampu Umroh Ke Tanah Suci

mbah Suyati (65) warga Dukuh Nginggil Rt 16, Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen Bisa Umroh berkat jualan toge | Huriyanto/Joglosemarnews.com
mbah Suyati (65) warga Dukuh Nginggil Rt 16, Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen Bisa Umroh berkat jualan toge | Huriyanto/Joglosemarnews.com
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Kisah inspirasi datang dari seorang pedagang Toge (Cambah) bernama mbah Suyati (65) warga Dukuh Nginggil RT 16, Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Mbah Suyati, puluhan tahun menekuni pekerjaan berjualan toge di Pasar Bunder Sragen, ditemui JOGLOSEMARNEWS.COM beberapa waktu lalu Mbah Suyati menceritakan kisah hidupnya merintis usaha jualan toge, hingga ia mampu berangkat Umroh ke tanah suci sampai beberapa kali.

Menurut Mbah Suyati, jualan toge di pasar bermula saat ia masih gadis berumur belasan tahun, ia yang sehari hari membantu orang tuanya.

“Dulu kalau mau jualan toge dari rumah Bendo jam 12 malam jalan kaki, sampai Nglangon jam 5 baru lanjut ke Pasar Bunder Sragen, jualan toge ini sejak tahun 1977 sampai 2023 saat ini,” kata Mbah Suyati, Minggu (12/3/2023) lalu.

Baca Juga :  Dagang Ciu di Bulan Ramadhan, Warga Sambungmacan, Sragen Dirazia Polisi, 3 Botol Miras Disita

Awal mula Mbah Suyati jualan toge, saat itu ia sudah mulai dewasa dan membutuhkan banyak uang untuk keperluan hidup, pada saat sudah menikah Mbah Suyati mulai merintis jualan Toge di pasar bunder dari pengalaman dari orang tuanya.

“Jualan toge pertama kali hanya 3kg kacang ijo, sekarang sehari habis 26 kg buat bahan toge. Proses buat toge membutuhkan waktu 3 sampai 4 hari,” ujar Mbah Suyati.

Saking suksesnya ia berjualan Toge, dirinya juga membeberkan penghasilan yang ia peroleh setiap hari.

“Alhamdulillah jualan toge sehari bisa mendapatkan uang diatas 500 ribu, dari hasil jualan toge ini bisa saya buat sekolah anak saya, biaya berangkat ke jepang, beli motor, rumah dan sawah, umroh,” bebernya.

Baca Juga :  Paguyuban Sahabat Dangkel Bagikan Paket Sembako di Bulan Ramadhan 1445 H Untuk Masyarakat Miskin dan Kurang Mampu Hingga Anak Yatim di Sragen, Kades Purwosuman: Paguyuban Yang Kompak dan Solid Membantu Warga

Sementara itu, menurut Mbah Suyati manfaat mengkonsumsi Toge sangat bagus untuk tubuh, selain untuk kesehatan toge di percaya bisa bikin subur (cepat hamil) bagi pasangan sulit mendapat keturunan.

“Manfaat makan toge bisa bikin sehat, yang lama nggak punya keturunan bisa cepat dapat keturunan (seng suwe gak ndang duwe anak cepet dang due anak), bikin lancar pencernaan, kalau yang gak punya rambut karena rontok bisa buat keramas bisa kembali tumbuh rambutnya,” ujarnya.

Tentu dari kisah sukses Mbah Suyati pedagang Toge, ini bisa kita ambil hikmah menjadi pemecut kita untuk tetap semangat dan terus berusaha dalam bidang pekerjaan masing masing, agar impian dan cita cita kita bisa terwujud. Selamat menjalankan ibadah Puasa Ramadhan 1444 H.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com