JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Daftar 7 Jenis Olahraga saat Puasa, Bikin Ibadah dan Sehat Sama sama Didapat

Gowes 3 pilar bersama Danrem dan Dandim jajaran Korem 074 Warastratama Surakarta.
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Anda penggemar olahraga dan masih belum bisa menentukan keputusan apakah masih boleh olahraga saat puasa, tulisan berikut ini cocok disimak.

Sebenarnya olahraga saat puasa baik dikakukan.

Namun demikian perlu diketahui bahwa asupan energi saat puasa tidak seperti hari biasanya. Sehingga perlu manajemen yang tepat untuk menentukan olahraga saat puasa agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Lantas apa saja olahraga saat puasa 2023 itu?

Melansir dinkes.kukarkab.go.id pada Senin (20/3/2023), jenis olahraga saat puasa Ramadhan 2023 adalah olahraga dengan intensitas ringan.

Walaupun sedang tidak makan dan minum, kita tetap perlu menjaga kebugaran tubuh. Caranya dengan memilih jenis olahraga yang tepat, dan melakukannya di waktu yang tepat pula.

Hal ini karena tubuh tentu akan merasa lemas jika kamu berolahraga berat dan di waktu yang tidak tepat. Dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan dalam waktu 30 sampai 60 menit.

Melakukan olahraga sembarangan saat puasa tentunya akan berdampak pada kesehatan dan kelancaran beribadah.

Berikut jenis olahraga saat puasa Ramadhan 2023 :

1. Jogging

Jogging adalah salah satu jenis olahraga yang tepat dilakukan saat puasa Ramadhan 2023. Pilihan olahraga sore menjelang berbuka ini dapat kamu pilih. Kamu bisa melakukan jogging di taman kota atau kompleks perumahan dengan 1 atau 2 putaran. Kamu juga bisa sekalian ngabuburit menunggu buka puasa tiba.

Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit pada sore hari. Dalam durasi setengah jam itu, kalori yang terbakar sebanyak 210 kalori. Hindari Jogging berlebihan yang membuat dehidrasi. Lakukan jogging dengan intensitas santai dan ringan, atur ritme lari yang ringan dan santai.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Malas Masuk Kerja Pasca Libur Lebaran 2024 yang Panjang

2. Gowes

Jenis olahraga yang tepat dilakukan saat puasa Ramadhan 2023 lainnya adalah bersepeda. Bersepeda juga bisa dilakukan sembari ngabuburit menunggu waktu berbuka. Olahraga sederhana satu ini dapat menjaga kebugaran tubuh.

Bersepeda selama 45 menit juga bisa membakar kalori dan dapat menurunkan berat badan. Olahraga ini bisa membantu membakar sekitar 300 kalori dalam 1 jam serta meningkatkan stamina. Kamu dapat bersepeda di sore hari dengan santai sambil menunggu waktu berbuka.

3. Yoga

Ketika puasa mungkin kamu akan merasa malas untuk berolahraga. Tapi kamu bisa mencoba yoga, olahraga santai dan tidak memerlukan banyak energi untuk melakukannya sehingga cocok dilakukan saat puasa Ramadhan 2023.

Selain itu kamu tak perlu keluar rumah untuk melakukan yoga. Kamu bisa melakukan yoga sambil menunggu waktu berbuka puasa di rumah. Persiapkan diri untuk melakukan gerakan-gerakan yang tidak terlalu menguras tenaga.

Olahraga yang fokus pada peregangan dan teknik pernapasan ini bisa menjaga tubuh tetap fit. Selain itu, yoga juga bisa menguatkan otot dan meningkatkan konsentrasi. Lakukan yoga di tempat yang sejuk. Jenis olahraga yang tepat dilakukan saat puasa Ramadhan 2023 ini bisa dijadikan pilihan olahraga menyenangkan.

4. Jalan Cepat

Baca Juga :  Bencana Tanah Longsor di Sumber Nguneng Puhpelem Wonogiri, Lokasi Terus Dimonitor

Selain jogging, jalan cepat adalah alternatif tepat yang dapat dilakukan menjelang berbuka. Jalan cepat yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit akan membantu menjaga keseimbangan tubuh saat berpuasa. Selain itu jalan cepat juga lebih sedikit memakan energi tubuh, jadi kamu tak mudah merasa lelah.

5. Pilates

Pilates juga merupakan jenis olahraga yang tepat dilakukan saat puasa Ramadhan 2023. Pilates sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh serta meningkatkan fleksibilitas tubuh. Terlebih, Pilates bukan olahraga berintensitas tinggi sehingga tidak akan menyebabkan kelelahan berlebih. Satu jam melakukan Pilates, kalori yang terbakar bisa sampai 200 kalori.

6. Taici

Jenis olahraga yang tepat dilakukan saat puasa Ramadhan 2023 berikutnya adalah Taici. Olahraga ini juga dapat menjadi pilihan yang santai selama berpuasa. Taici merupakan bentuk halus dari bela diri yang mengombinasikan pernapasan dan gerakan seperti tarian. Semua orang bisa mencobanya, terutama bagi mereka yang berusia lanjut.

7. Renang

Renang merupakan olahraga yang digemari banyak orang. Aktivitas fisik ini membakar kalori cukup besar tanpa rasa berkeringat yang membuat kamu tidak nyaman selama puasa. Jenis olahaga yang tepat dilakukan saat puasa Ramadan ini membuat kamu lebih bugar. Namun ingat, jangan menelan air saat berenang agar puasa tidak batal.

Itulah beberapa jenis olahraga yang tepat dilakukan saat puasa Ramadhan 2023. Selain memperhatikan pilihan olahraga, kamu juga perlu memperhitungkan waktu pelaksanaannya. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com