JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ketiban Durian Runtuh, Rumah Baca Sang Petualang Wonogiri Terima Motor dan Mainan Edukasi Gratis dari JNE dan Yosse Cinderamata

Motor
Wahyudi menjajal motor roda tiga dari program CSR JNE. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Nasib mujur tengah dialami pemilik Rumah Baca Sang Petualang Wonogiri. Dia mendapatkan motor dan mainan edukasi gratis dari JNE dan Yosse Cinderamata, Selasa (21/3/2023).

Pihak JNE menyerahkan satu motor roda tiga dan buku cerita untuk perpustakaan keliling Rumah Baca Sang Petualang Wonogiri.
Penyerahan motor merupakan bentuk tanggungjawab sosial perusahaan alias Corporate Social Responsibility (CSR) JNE.

Penyerahan dilaksanakan di JNE Wonogiri Jl. Diponegoro Nomor 24 Pokoh Wonoboyo Wonogiri.

Penyerahan dilakukan oleh Branch Manager JNE Cabang Utama Solo Agus Yunanto didampingi, Kepala Cabang JNE Wonogiri Muhammad Narulloh dan disaksikan secara langsung oleh Kepala Disdikbud Wonogiri Sriyanto.

Branch Manager JNE Cabang Utama Solo Agus Yunanto mengungkapkan kegiatan CSR JNE ini sesuai dengan filosofi founding father JNE, Alm. Bpk. H. Soeprapto Soeparno. Yakni JNE harus dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan negara dengan semangat Berbagi, Memberi, Menyantuni.

Kegiatan positif ini disambut baik Pemkab Wonogiri. Kepala Disdikbud Wonogiri Sriyanto mengapresiasi keterlibatan JNE sebagai sektor swasta untuk turut meningkatkan literasi di Wonogiri.

Baca Juga :  Halalbihalal dan Sambut Semangat Baru Menuju Satuan Pendidikan yang Membahana

Pihaknya pun sangat mengetahui sepak terjang Rumah Baca Sang Petualang Wonogiri karena Wahyudi sang owner juga merupakan Ketua Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Wonogiri.

Salah satu programnya yang digagas bersama Disdikbud Wonogiri mulai besok bulan Ramadhan adalah RBSP Jungmas singkatan dari Rumah Baca Sang Petualang Kunjung Masjid.

Semen Wahyudi dan para relawan Rumah Baca Sang Petualang Wonogiri yang turut hadir memancarkan raut bahagia. Pihaknya tidak menyangka ternyata gerakan kecil kami dilirik oleh JNE yang memiliki kepedulian terhadap literasi di Indonesia.

“Momen ini juga bertepatan dengan program RBSP Jungmas akan kami laksanakan untuk mengisi kegiatan positif anak-anak selama bulan Ramadhan,” beber Wahyudi.

Selain dari pemerintah daerah dan penerima manfaat hadir pula salah satu pelanggan setia JNE Wonogiri yaitu Supriyanto. Supriyanto adalah owner dari Yosse Cinderamata yang beberapa jenis produknya berupa mainan edukasi dan mainan tradisional Supriyanto menyerahkan beberapa jenis produk untuk menunjang kegiatan Rumah Baca Sang Petualang Wonogiri.

Baca Juga :  Lebaran 2024 Telah Berlalu Saatnya Kembali ke Rutinitas, Bekerja dan Belajar Bolo

Sedikit mengulik kiprah Rumah Baca Sang Petualang Wonogiri. Berawal dari keprihatinannya terhadap minat baca anak-anak di desa, Wahyudi tergerak untuk menjadi pegiat literasi. Tekadnya sangat besar untuk meningkatkan budaya membaca di tanah kelahirannya Kecamatan Giriwoyo sebuah daerah di Wonogiri bagian selatan yang berbatasan dengan Pacitan Jatim.

Di tengah kesibukannya sebagai tenaga lepas yang merantau di Jakarta, Wahyudi mulai mengumpulkan buku dengan rutin menjadi penonton dalam acara talkshow Kick Andy demi mendapatkan buku secara gratis. Wahyudi bahkan mengajak puluhan temannya untuk ikut menonton demi mendapatkan lebih banyak buku secara gratis dari acara tersebut.

Selain menjadi penonton Kick Andy selama tahun 2014-2015, Wahyudi juga menyisihkan sebagian penghasilan untuk menambah koleksi buku. Hingga akhirnya berhasil mendirikan taman bacaan bernama Rumah Baca Sang Petualang Wonogiri pada Juli 2015. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com