JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Lebaran 2023, Jalur Tol Yogya-Solo Bakal Dioperasikan, Ini Rencana Dishub DIY  Antisipasi Kemacetan

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengecek progres pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta di Kabupaten Klaten, Senin (27/2/2023) / Humas Pemprov Jateng via tempo.co
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  Kementerian Perhubungan bakal mengoperasikan jalan tol Yogyakarta-Solo ruas Kartasura pada masa libur Lebaran 2023 nanti.

Lantaran itulah, Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersiap mengantisipasi kepadatan arus mudik Lebaran 2023 yang diprediksi mengalami peningkatan, terutama di sisi timur Yogyakarta atau via jalur Prambanan.

“Kami antisipasi kepadatan pemudik dari jalur timur atau lewat Prambanan itu dengan rencana beroperasinya tol Kartasura, prediksinya lebih dari 60 persen pemudik melalui jalur itu,” kata Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan DIY Sumariyoto, Selasa (28/3/2023).

Baca Juga :  2 Pengunjung Lapas Kelas II A Yogya Ditangkap Gegara Selundupkan Obat Terlarang

Kementerian Perhubungan mengkalkulasi sekitar 5,8 juta pemudik akan masuk atau melintasi area DIY menggunakan berbagai moda transportasi pada masa libur Lebaran 2023.

“Dengan potensi kepadatan jalur timur Yogyakarta itu kami akan membuka sejumlah posko stastis di kawasan Prambanan untuk mengatur lalu lintas,” kata Sumariyoto.

Untuk pendirian posko statis yang berisi personel gabungan mengurai kemacetan itu, Dinas Perhubungan DIY akan lebih dulu melihat kebijakan pemerintah pusat terkait jadwal libur dan cuti bersama apakah memungkinkan berubah lagi. Pemerintah pusat sebelumnya telah mengubah susunan cuti bersama Idul Fitri menjadi 19-25 April 2023.

Baca Juga :  Leptospirosis Tewaskan 1 Warga di Sleman, 8 Lainnya Terpapar

Dari jadwal cuti bersama itu, akan diketahui puncak arus mudik dan digunakan sebagai pedoman menyusun rencana kebijakan lalu lintas bersama pemerintah kabupaten dan kota.

Posko pengamanan mudik ini, menurut Sumariyoto, tentu tak hanya difokuskan di kawasan Prambanan. Posko mudik itu juga akan didirikan di sejumlah jalur terpadat Yogyakarta, seperti di Kabupaten Gunungkidul dan Bantul.

“Untuk di Kabupaten Gunungkidul dan Bantul, fokus posko lebih ke pengamanan jalur kawasan wisata yang berpotensi akan dipadati wisatawan saat libur lebaran,” kata Sumariyoto.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com