JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Polemik Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Jokowi Utus Erick Thohir Lobi FIFA

presiden Joko Widodo
Foto ilustrasi Presiden Joko Widodo. Ia menyampaikan dalam bakal segera mengumumpakan pencabutan status pandemi Covid-19 di Indonesia / YouTube/Sekretariat Presiden
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta untuk tidak mencampuradukkan antara olah raga dan politik, terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 dan penolakan kedatangan Timnas Israel.

Melaui pernyataan resminya di Istana Merdeka, Presiden Jokowi menjamin keikutsertaan timnas Israel pada turnamen Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Ia juga menegaskan bahwa keberadaan Israel tidak akan mengubah posisi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina.

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri Indonesia kepada Palestina karena dukungan kami selalu kokoh dan kuat,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (28/3/2023).

Baca Juga :  Jokowi Disebut Cawe-cawe Soal Kabinet Prabowo, Habiburokhman: Saya Saja Boleh Usulkan Nama?

Jokowi menegaskan, prinsip Indonesia selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two state solution negara Israel dan Palestina merdeka.

Pada Piala Dunia U-20 2023, Jokowi bersepakat dengan Duta Besar Palestina Zuhair Al Shun yang tak mempermasalahkan timnas Israel bermain di Indonesia.

Ia juga meminta agar jangan ada campur aduk antara urusan politik dan olahraga, termasuk sepak bola.

“Kami sependapat dengan Duta Besar Palestina bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya, jadi jangan campur adukan urusan olahraga dan politik,” ujar dia.

Baca Juga :  Kemnaker Imbau Gojek dan Grab Berikan THR, Asosiasi Driver Online Pesimis

Jokowi mengatakan, bahwa saat ini FIFA telah mengetahui soal adanya sejumlah penolakan terhadap timnas Israel dari organisasi massa, partai politik, dan kepala daerah di Indonesia. Pemerintah dan PSSI masih berupaya untuk mencari solusi dari polemik keikutsertaan Israel.

“Saya sudah mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu dengan tim FIFA untuk mencari penyelesaian dan solusi yang terbaik,” ujar Jokowi.

Beberapa negara seperti Argentina, Qatar, dan Peru dirumorkan menjadi tuan rumah pengganti. Namun, pemerintah dan PSSI menegaskan bahwa pihaknya masih berusaha mencari solusi agar Piala Dunia U-20 2023 tetap bisa diadakan di Indonesia.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com