JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Mengintip Nutrisi yang Terdapat dalam Kecap

Ilustrasi kecap. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM Kecap merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan sebagai penyedap rasa. Pada umumnya kecap terbagi menjadi dua rasa yaitu, kecap manis dan kecap asin.

Kecep terbuat dari bahan dasar kedelai yang difermentasikan dengan gula, garam dan rempah-rempah. Mengutip dari verywellfit.com, secara tradisional, kecap dibuat dengan tangan menggunakan proses Jepang yang disebut honjozo.

Selama proses tersebut kedelai difermentasi dan kemudian ditambahkan bahan lain seperti gandum atau barley. Campuran dibiarkan berfermentasi dan kemudian ditambahkan air garam. Saat ini, metode komersial digunakan untuk membuat banyak merek yang Anda lihat di rak toko.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Kecap memberi rasa umami atau gurih pada makanan. Meskipun ada varietas natrium rendah di pasaran, kebanyakan kecap sangat tinggi natrium dan tidak memberikan manfaat nutrisi yang signifikan.

Berdasarkan dari data penelitian Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2022 kandungan gizi yang terdapat didalam kecap antara lain asam amino, gizi mikro yang dimana setiap 100 gram kecap mengandung 123 kalsium, 5,7 gram zat protein, zat besi dan fosfor yang sangat tinggi. Ini menunjukkan bahwa kandungan kalsium, protein, zat besi dan fosfor termasuk tinggi dan cukup tinggi.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Selain dapat menjadi penyedap rasa, kecap juga bisa menunjang zat-zat gizi pada tubuh manusia. Akan tetapi, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik, mengonsumsi kecap diharapkan tidak berlebihan dikarenakan kecap yang mengandung tinggi natrium tidak baik dikonsumsi bagi penderita sakit ginjal.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com