JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

PENTING, Ini Macam Makanan yang Bisa Sebabkan Jerawat

Ilustrasi wajah bersih bebas jerawat. pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Jerawat di wajah banyak dialami oleh orang, hal itu bisa mengganggu penampilan dan percaya diri. Munculnya jerawat ditandai dengan adanya benjolan merah, bintil, atau komedo di kulit yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Jerawat dipengaruhi oleh faktor genetik dan hormonal memainkan peran penting dalam erupsi dan intensitas jerawat, meski demikian, faktor lingkungan dan gaya hidup juga menjadi salah satu penyebabnya.

Melansir Medicine Net, jerawat diyakini lebih sering terjadi pada orang yang mengonsumsi jenis makanan tertentu. Meski hal ini masih diperdebatkan, namun penelitian telah melaporkan bahwa makanan tertentu dapat memicu jerawat.

Makanan Penyebab Jerawat

1. Makanan berlemak tinggi

Mengutip Healthline, jerawat sangat terkait dengan pola makan gaya Barat yang kaya kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Makanan yang tinggi lemak, seperti makanan cepat saji, gorengan, dan daging berlemak dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit, yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Menurut satu studi pada 2010 terhadap lebih dari 5.000 remaja dan dewasa muda Cina, diet tinggi lemak dikaitkan dengan 43 persen peningkatan risiko terkena jerawat. Makan gorengan secara teratur meningkatkan risiko sebesar 17 persen. Studi lain terhadap 2.300 pria Turki menemukan bahwa sering makan burger atau sosis dikaitkan dengan 24 persen peningkatan risiko terkena jerawat.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

2. Makanan dengan kandungan gula tinggi

Gula dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, yang dapat memicu peradangan pada kulit dan memperparah jerawat. Makanan yang tinggi gula termasuk minuman bersoda, permen, dan makanan manis lainnya.

Dilansir dari Medicine Net, gula dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat dan mengakibatkan hiperinsulinemia. Insulin memicu sekresi zat lain yang bisa memicu jerawat. Karena itu, gula menjadi salah satu makanan terburuk untuk jerawat.

3. Susu dan produk olahan susu

Susu dan produk olahan susu seperti keju dan yoghurt dapat meningkatkan kadar hormon dalam tubuh, yang dapat memicu produksi minyak berlebih dan timbulnya jerawat. Menurut beberapa penelitian, asam amino yang berasal dari susu meningkatkan sekresi insulin dan dapat mengaktifkan IGF-1, yang dikenal sebagai penyebab jerawat.

Jenis susu serta jumlah dan frekuensi konsumsinya semuanya mempengaruhi wabah jerawat. Mengkonsumsi banyak produk susu serta karbohidrat dan gula olahan mungkin merupakan pukulan tiga kali lipat untuk jerawat. Selain itu, susu mengandung laktosa, gula alami dalam susu. Jerawat dapat terjadi pada orang yang sensitif terhadap laktosa atau alergi .

4. Makanan dengan indeks glikemik tinggi

Makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti putih, pasta, dan nasi putih dapat meningkatkan kadar gula darah dan memicu peradangan pada kulit. Indeks glikemik suatu makanan, yang diukur pada skala 0-100, mencerminkan pengaruh makanan terhadap kadar gula darah. Dengan kata lain, ini menilai tingkat di mana karbohidrat dipecah dan diserap ke dalam sirkulasi.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Saat Anda mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi, kadar gula darah Anda meningkat, begitu pula kadar insulin Anda. Hal ini mempengaruhi hormon dan produksi minyak di kulit, yang berpotensi menyebabkan munculnya jerawat.

Makanan dengan nilai indeks glikemik 70-100 dianggap tinggi, sedangkan makanan dengan nilai indeks glikemik 55 atau kurang dianggap rendah.

5. Cokelat

Cokelat dicurigai sebagai pemicu jerawat sejak 1920-an. Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak cokelat lebih mungkin terkena jerawat. Meski begitu, dikutip dari WebMD, orang yang makan cokelat dengan 10 kali lebih banyak kakao tidak lebih mungkin terkena jerawat daripada mereka yang makan jenis biasa.

Namun, perlu diingat bahwa setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap makanan tertentu dan faktor lainnya juga dapat mempengaruhi terjadinya jerawat. Karena itu, disarankan untuk tetap menjaga pola makan seimbang dengan memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, dan protein nabati serta menjaga kebersihan kulit secara teratur untuk mencegah timbulnya jerawat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com