JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Sudah Efektifkah Penanganan dan Mitigasi Bencana Selama ini?

Longsor
Bencana longsor di Pracimantoro Wonogiri. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sejumlah daerah menjadi supermarket bencana, tidak peduli musim bencana kerap melanda, mulai banjir, longsor, kebakaran, hingga kekeringan.

Saat terjadi bencana pihak terkait segera melaksanakan penanganan bencana, demikian pula dengan langkah mitigasi bencana.

Lantas dengan begitu banyaknya bencana, pertanyaannya adalah sudah efektifkah penanganan dan mitigasi bencana selama ini?.

Jika pertanyaan sudah efektifkah penanganan dan mitigasi bencana selama ini ditujukan ke kabupaten ujung tenggara Jateng, maka jawaban ini yang didapat.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Malas Masuk Kerja Pasca Libur Lebaran 2024 yang Panjang

Ketua DPRD Wonogiri Sriyono menilai penanganan dan mitigasi bencana di Wonogiri sudah cukup baik. Masyarakat juga dinilai sigap saat terjadi bencana.

“Dari sejumlah kejadian yang terjadi seperti di Kismantoro dan daerah lain, mitigasi bencana kita sudah makin baik,” beber Ketua DPRD Wonogiri Sriyono baru-baru ini.

Kesiapan dalam memitigasi bencana yang dilakukan oleh instrumen yang ada dinilai cukup baik. Termasuk kesigapan publik dalam menghadapi bencana alam.

“Sekarang publik juga sudah sigap. Ini luar biasa saya pikir. Kami mengapresiasi itu,” tandas Ketua DPRD Wonogiri Sriyono.

Baca Juga :  Bakso dan Mie Ayam Wonogiri Tetap Jadi Primadona Lebaran 2024

Selain itu, Ketua DPRD Wonogiri Sriyono menilai instrumen yang ada di akar rumput seperti relawan juga sangat sigap jika berkaca pada sejumlah kejadian bencana alam yang terjadi belakangan ini. Saat ada kejadian, mereka bisa langsung bergerak melakukan penanganan darurat.

Ketua DPRD Wonogiri Sriyono menuturkan, pemerintah juga memiliki peran. Apalagi, pemerintah juga telah menyiagakan anggaran belanja tidak terduga (BTT) yang bisa digunakan untuk infrastruktur umum. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com