JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tak Perlu Obat Kimia, 4 Buah Lezat Ini Efektif Turunan Kolesterol Tinggi

Buah alpukat. Foto: Pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Dewasa ini, salah satu parameter kesehatan seseorang yang seringkali disebut adalah kadar kolesterol. Kolesterol tinggi, bahkan bisa menjadi biang bagi penyakit-penyakit lainnya.

Tentu saja, kolesterol yang meningkat dalam darah atau yagn disebut hiperkoleterolnemia, tidak dapat dibiarkan jika seseorang ingin tetap sehat.

Pasalnya, kolesterol tinggi dapat menimbulkan masalah jantung koroner. Penigkatan kolesterol ini dapat disebabkan karena asupan lemak tinggi dan dapat pula faktor keturunan. Oleh karena itu menurunkan kolesterol perlu dilakukan.

Sebenarnya, di luar pemeriksaan medis, alam telah menyediakan aneka buah-buahan yang dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol seseorang.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Beberapa di antaranya adalah:

 

  1. Alpukat

 

Buah alpukat kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acid), sehingga dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol-LDL darah yang tinggi. Alpukat juga mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin A, vitamin E, fosfor, dan lainnya.

 

  1. Belimbing manis

 

Belimbing manis memiliki buah denan rasa asam, manis dan sifatnya netral. Buah belimbing mengandung sejumlah nutrisi seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, dan vitamin. Selain digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, buah belimbing juga digunakan untuk meredakan batuk, hipertensi dan kencing batu.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

 

  1. Pepaya

 

Buah pepaya yang sudah masak berkhasiat sebagai peluruh empedu, memacu enzim pencernaan, menambah nafsu makan, antioksidan dan membuang racun. Buah pepaya masak digunakan untuk menurunkan kolesterol darah yang tinggi, pengobatan sakit maag, hingga gangguan pencernaan.

 

  1. Mengkudu

 

Khasiat mengkudu untuk menyembuhkan kolesterol pasti sudah tidak asing lagi, untuk menurunkan kolesterol tinggi Anda bisa menggunakan buah mengkudu masak yang berukuran sedang. Buah mengkudu mengandung xeronin, proxeronin, proxeronase, damnachantal, asam amino, mineral, dan beberapa zat lainnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com