JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tradisi Padusan di Pemandian Air Panas Bayanan Sragen Jelang Puasa Romadhon

Tradisi Padusan di Bayanan Sragen | Huriyanto\Joglosemarnews.com
Tradisi Padusan di Bayanan Sragen | HuriyantoJoglosemarnews.com
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Sudah sejak dahulu pemandian air panas bayanan dijadikan tempat bagi sejumlah orang melakukan mandi atau kumkum (berendam) di air panas alami dari kaki gunung lawu.

Pemandian Air Panas Bayanan ini terletak di sebelah tenggara ibu kota Kabupaten Sragen yaitu di Dusun Bayanan, Desa Jambeyan, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah.

Banyak pengunjung (wisatawan) menghabiskan waktu untuk berenang dan berendam, bahkan berjam jam.

Ditambah jelang puasa ramadan seperti saat ini, banyak sekali wisatawan datang ke bayanan guna mandi padusan.

Purwanto (30) salah satu pengunjung asal Desa Gading, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen pada JOGLOSEMARNEWS.COM , menyampaikan bahwa ia setiap tahunnya rutin melakukan padusan di pemandian air panas bayanan.

Baca Juga :  Bioskop legendaris Garuda Theatre Sragen: Kenangan Manis Masa Lalu

“Iya sering jelang puasa ramadan melakukan padusan atau mandi air panas di bayanan bareng teman teman dan keluarga,” kata Purwanto, Jumat (17/3/2023).

Selain itu, berbagai fasilitas disediakan untuk para pengunjung air panas bayanan, diantaranya WC umum, kamar mandi air panas, ruang ganti pakaian, jalan setapak, warung makan, tempat penginapan, toko kelontong, tempat parkir yang luas, taman bermain anak, kolam renang, hutan wisata, ruang informasi, dan mushola, serta tempat foto selfie.

“Pengunjung jelang puasa romadhon ramai, pengunjung kebanyakan di luar Sragen, apa lagi banyak warga Sine, Ngawi, Jawa Timur banyak yang kesini,” ujar Werseno, salah satu petugas di obyek wisata air panas Bayanan.

Baca Juga :  Gara-gara Jualan Obat Mercon Saat Bulan Suci Ramadhan Pemuda di Sragen Ditangkap Polisi Terancam Pidana

Sementara itu, menurut Warseno untuk saat ini tiket masuk di pemandian air panas bayanan yang terbaru yakni Rp.5000 rupiah, tapi kalau hari libur Rp.6000 rupiah per-orang.

“Sejumlah fasilitas udah di perbaiki, kamar mandi juga sudah, kalau jam buka wisata bayanan mulai jam 07:00 WIB sampai pukul 19:00 WIB,” ujarnya.

Air panas Bayanan mengandung belerang tersebut dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal. Selain itu juga dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, memulihkan kebugaran tubuh, meningkatkan vitalitas tubuh, memelihara kesegaran sendi–sendi dan otot, menghilangkan capek-capek, dan membuat awet muda.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com