JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

7 Manfaat Lain dari Semangka Selain Menghidrasi

Ilustrasi buah semangka. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Semangka merupakan salah satu buah favorit bagi banyak orang, apalagi di bulan puasa. Kandungan air yang banyak pada semangka dapat menghidrasi tubuh setelah seharian beribadah puasa Ramadan. Tetap terhidrasi penting agar tubuh berfungsi dengan baik.

Selain dapat menghidrasi, semangka juga memiliki beragam manfaat lain untuk tubuh. Semangka mengandung 92 persen air, menjadikannya pilihan tepat untuk berbuka puasa.

Tak hanya kandungan airnya yang melimpah, buah ini juga memiliki kepadatan kalori yang rendah. Hal ini dapat membantu mengatur berat badan dengan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Mengutip dari laman Very Well Fit, semangka merupakan sumber vitamin A, vitamin C dan likopen yang sangat baik. Karbohidrat dalam semangka sebagian besar adalah gula, dengan hanya sedikit serat. Setengah dari gula ini adalah fruktosa, seperempatnya adalah glukosa, dan sisanya adalah sukrosa.

Melansir dari laman Healthline, berikut 7 manfaat lain dari semangka:

1. Memiliki efek mereduksi risiko kanker

Beberapa senyawa tumbuhan yang ditemukan dalam semangka, termasuk lycopene dan cucurbitacin E, memiliki kemungkinan efek antikanker. Salah satunya adalah asupan likopen yang dapat dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan kolorektal.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

Likopen diyakini dapat bekerja dengan menurunkan kadar faktor pertumbuhan mirip insulin (IGF) dalam darah, hormon yang mendorong pembelahan sel. Khususnya, kanker terbentuk ketika pembelahan sel menjadi tidak terkendali.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa nutrisi dalam semangka dapat mendukung kesehatan jantung. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Gaya hidup seperti pola makan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

3. Mengurangi peradangan dan stres oksidatif

Peradangan adalah penyebab utama banyak penyakit kronis. Kombinasi antara antioksidan, likopen, dan vitamin C dalam semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif.

Sebuah penelitian menunjukkan penurunan penanda inflamasi yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol Sebagai antioksidan, likopen juga dapat menunda timbulnya dan perkembangan penyakit Alzheimer.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

4. Mencegah degenerasi makula

Senyawa likopen pada semangka dapat bermanfaat bagi mata. Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah masalah mata umum yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua. Peran likopen sebagai senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dapat membantu mencegah dan menghambat AMD.

5. Meredakan nyeri otot

Citrulline, asam amino yang ditemukan dalam semangka, dapat meningkatkan kinerja olahraga dan mengurangi nyeri otot. Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan citrulline dapat meningkatkan kinerja aerobik dengan meningkatkan produksi oksida nitrat tubuh.

6. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin A dan C yang terkandung dalam semangka memiliki manfaat penting untuk kesehatan kulit. Vitamin C pada semangka baik saat dimakan atau dioleskan membantu tubuh membuat kolagen, protein yang membuat kulit sehat dan rambut kuat.

7. Meningkatkan pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat, keduanya diperlukan untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu menjaga usus tetap teratur, sementara air memindahkan limbah melalui saluran pencernaan dengan lebih efisien.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com