JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Dukungan untuk Ganjar Mengalir, Setelah PPP Bakal Ada Partai Lain Berikan Dukungan Setelah 14 Mei

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto saat ditemui usai Seminar Nasional "Daulat Pangan Wujudkan Kesejahteraan Petani dan Konsolidasi Program Mari Sejahterakan Rakyat (MSP)" di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Jumat (3/2/2023) / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Setelah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), akan ada partai lain yang bakal memberikan dukungan kepada Capres PDIP, Ganjar Pranowo dalam waktu dekat.

Hal itu disampaikan oleh  Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/4/2023).

Partai tersebut, menurut Hasto, kemungkinan akan mengumumkan dukungannya kepada Ganjar Pranowo setelah tanggal 14 Mei 2023.

“Setelah tanggal 14 Mei, akan ada partai politik lain yang akan bergabung,” kata Hasto.

Dia mengatakan, pengumuman itu baru dilakukan setelah 14 Mei, karena partai politik akan berfokus pada pendaftaran calon legislatif peserta Pemilu 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka pendaftaran Caleg untuk DPR dan DPRD pada 1 sampai 14 Mei 2023.

Baca Juga :  Bukti Lebih dari Cukup, Hamdan Zoelva Yakin MK Bakal Kabulkan Gugatan Anies-Muhaimin

Kendati demikian, kata Hasto, PDIP akan mulai berkomunikasi secara intens dengan partai ini mulai pekan depan. Namun, dia tidak menjelaskan siapa partai yang akan bergabung dengan koalisinya tersebut.

Sebagaimana diketahui, sejauh ini sudah ada empat partai yang menyatakan dukungan terhadap Ganjar Pranowo.

Dua partai memiliki kursi di parlemen, yakni PDIP dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Adapun, dua partai yang tidak memiliki kursi di parlemen adalah Partai Hanura dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Menurut Hasto, PDIP sudah melakukan komunikasi dengan Partai Hanura. Tiga hari lalu, Hasto bertemu dengan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang untuk membahas dukungan terhadap Ganjar.

Baca Juga :  Pengamat Sebut, Jokowi ke Medan untuk Bantu Menantunya Bobby yang Akan Maju Pilgub 2024

“Tiga hari lalu saya bertemu dengan Pak Oesman Sapta menyampaikan salam dari Ibu Megawati Soekarnoputri dan juga membahas bagaimana dukungan dari Hanura tersebut,” tutur dia.

Dia mengatakan PDIP juga sudah menjadwalkan pertemuan dengan PPP. Menurut dia, dalam beberapa hari ke depan PDIP akan menerima kunjungan resmi dari partai berlambang kabah tersebut.

“Memang kami bertetangga dan memiliki sejarah yang panjang, memiliki kedekatan baik secara politik, kultural maupun ketokohan,” ujar Hasto.

Menurut dia, pertemuan dengan partai pendukung Ganjar itu sangat penting. Dia mengatakan dalam pertemuan tersebut akan dibahas sejumlah hal mengenai strategi memenangkan Ganjar. Pertemuan, kata dia, dihelat juga untuk memerkokoh kerja sama antar partai.  

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com