JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Polres Bantul Amankan 3 Remaja dan Sita Sejumlah Obat Mercon

Puluhan selongsong mercon diamankan petugas dari Polsek Pajangan / tribunnews
ย ย ย 

BANTUL, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Dalam rangka menciptakan kondisi yang aman dan nyaman selama lebaran, Polsek Pleret dan Polsek Pajangan, Bantul mengamankan sejumlah remaja pembuat mercon, Kamis (20/4/2023).

Dalam operasi yang dilakukan oleh jajaran Polsek Pleret, sejumlah bahan yang akan dipergunakan untuk membuat obat mercon atau petasan disita.

Bahan-bahan tersebut diamankan dari rumah FP (15) dan MH (16) yang merupakan warga Kalurahan Wonokromo Pleret Bantul, beserta sejumlah selongsong petasan tanpa obat dan juga alat pembuatnya.

Kapolsek Pleret AKP Titik Esti Handayani mengungkapkan, jajarannya berhasil mengamankan sejumlah barang bukti dari dua rumah warga di Kalurahan Wonokromo.

โ€œDari hasil penggeledahan di dua rumah warga, kita berhasil mengamankan bubuk petasan seberat 900 gram, paralon, pisau, kayu, besi dan buku bekas sebagai alat serta bahan pembuat selongsong petasan,

“kemudian selongsong petasan dengan berbagai ukuran dan sumbu petasan,โ€ ungkap Kapolsek pada Jumat (21/4/2023).

Pengungkapan itu, lanjut Kapolsek, bermula dari adanya laporan dari masyarakat terkait adanya warga yang membuat petasan.

Setelah kita lakukan penyelidikan, akhirnya berhasil kita amankan sejumlah barang bukti di rumah warga tersebut.

Baca Juga :  Majelis Pekerja Buruh Indonesia DIY: Perusahaan Tak Bayar THR Pasti Kami Laporkan

โ€œBerdasarkan pengakuan dari kedua pelaku, mereka mendapatkan bubuk petasan tersebut melalui media sosial dan bertransaksi dengan sistem COD, dengan harga per 1 kilogram Rp 200.000,โ€ ujarnya.

Kapolsek menambahkan, pihaknya akan terus melakukan monitoring peredaran petasan di masyarakat.

Hal itu dilakukan untuk mencegah gangguan kamtibmas serta mewujudkan cipta kondisi masyarakat yang kondusif selama Ramadan dan Lebaran 1444 Hijriah.

โ€œKami mengimbau agar masyarakat serta para pedagang untuk tidak menyimpan ataupun menjual petasan yang dapat membahayakan jiwa maupun lingkungan sekitar,โ€ tandasnya.

 

Penggeledahan di Pajangan

Di hari yang sama, pihak kepolisian melakukan penggeledahan rumah penjual obat petasan di Dusun Blabak, Kalurahan Triwidadi, Kapanewon Pajangan, Bantul.

Seorang remaja berinisal BSN (15), warga Kalurahan Triwidadi, Pajangan, Bantul diduga membuat dan memperjualbelikan obat mercon.

Kapolsek Pajangan AKP Wiyadi SH MAP mengatakan bahwa dari tangan BSN, Polisi mengamankan barang bukti berupa 2 kilogram bubuk mercon, 95 selongsong mercon dengan berbagai ukuran, kemudian peralatan pembuat selongsong mercon dan perlengakapan untuk meracik obat mercon.

Baca Juga :  Dalam Dua Setengah Bulan, 56 Warga Sleman Terjangkit DBD

โ€œPenangkapan BSN bermula dari laporan masyarakat yang curiga bahwa di rumahnya ada kegiatan pembuatan mercon,โ€ ungkapnya.

 

Adannya laporan tersebut, Polisi melakukan penyelidakan dan akhirnya mengamankan BSN berikut barang buktinya.

โ€œRemaja yang masih bersatus pelajar SMP itu diamankan dikarenakan diduga membuat dan memperjualbelikan mercon siap ledak,โ€ kata Kapolsek.

Setelah dilakukan interogasi remaja tersebut mengakui telah membeli bahan berupa bubuk HCL dan bubuk Alumunium melalui platform belanja online, kemudian diracik menjadi obat petasan atau mercon dan memperjualbelikannya.

Sementara itu,Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menyampaikan bahwa hal ini menjadi upaya Polres Bantul dan jajaran untuk menjaga kondusifnya wilayah Bantul.

Untuk itu, ia mengimbau kepada warga masyarakat agar merayakan lebaran tanpa mercon, karena sangat berbahaya, baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

โ€œRayakan lebaran tanpa mercon demi keselamatan bukan kesenangan. Sudah menjadi beberapa contoh nyata dampak dari mercon itu sendiri, salah satunya di Magelang.

Hal ini tentunya menjadikan pelajaran bagi kita semua bahwa mercon itu berbahaya, sangat bahaya,โ€ imbaunya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com