Beranda Daerah Solo Solo Peringkat 4 Kota Paling Toleran di Indonesia, Tokoh Tionghoa: Menjaga Lebih...

Solo Peringkat 4 Kota Paling Toleran di Indonesia, Tokoh Tionghoa: Menjaga Lebih Sulit daripada Mewujudkan

Ornamen Imlek di Pasar Gede beberapa bulan lalu / Foto: Ando

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menurut pemeringkatan oleh SETARA Institute, Kota Solo menduduki peringkat ke-4 sebagai kota paling toleran di Indonesia 2022.

Kota Solo mendapatkan skor sebesar 5,883 berada di bawah Bekasi di urutan ketiga yang mendapatkan skor sebesar 6, 080.

Salatiga di urutan kedua yang mendapatkan skor sebesar 6,417 serta Singkawang, Kalimantan Barat yang menempati urutan pertama dengan skor sebesar 6,583.

Sumartono Hadinoto, Tokoh Tionghoa di Solo menyambut baik masuknya Kota Solo menjadi peringkat 4 kota paling toleran di Indonesia.

Menurutnya hal tersebut tidak terlepas dari perjuangan warga Solo dengan segala stake holder yang ada. Mulai dari Pemerintah Kota, TNI, Polri, hingga masyarakat.

Baca Juga :  Hari Dokter Nasional: Dekan FK UMS Ajak Masyarakat Hargai Dedikasi Tenaga Kesehatan

“Perjuangankan butuh proses, kita sudah nomer 4 kita sudah bisa menikmati hasilnya. Tapi tentunya tidak hanya puas di nomer 4, menjaga itu lebih sulit daripada mewujudkan,” ungkapnya saat dihubungi, Senin (10/04/2023).

Sumartono menilai toleransi yang sudah ada harus terus dijaga dan ditumbuh kembangkan. Agar ke depan kebhinekaan dapat menjadi percontohan.

Dirinya kemudian berharap ke depan Pemerintah Kota Solo bersama stakeholder memberikan kesempatan atau ruang yang luas untuk masyarakat melaksanakan even budaya maupun even religi.

“Setelah itu pasti semakin toleransi. Dengan adanya even di Solokan semua bisa menikmati, tidak ada curiga lagi, tidak ada kekhawatiran, tidak ada was- was. Semua bisa menerima, semua bisa menikmati ini yang perlu dijaga,” ujarnya. Ando