JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tren Minum Oralit Saat Sahur untuk Cegah Haus saat Berpuasa, Apa Kata Dokter?

Ilustrasi oralit. Shopee
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Belakangan ini muncul tren minum oralit untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa. Orang yang meminum oralat saat sahur beralasan untuk mempertahankan cairan tubuh sehingga selama puasa tidak merasa haus.

Terkait hal tersebut, sejumlah ahli menilai bahwa kebutuhan meminum oralit bukan diperuntukkan untuk segala kondisi, tapi sebagai penanganan terhadap kondisi tertentu, contohnya orang yang mengalami dehidrasi akut. Sehingga tindakan tersebut tidak dianjurkan.

Dokter Tan Shot Yen, edukator kesehatan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menegaskan, meminum oralit bukan diperuntukkan bagi orang yang sehat, melainkan orang yang mengalami sakit seperti diare.

Kondisi orang yang mengalami diare berbeda dengan kondisi orang yang sedang berpuasa. Tan menyebut, orang yang tengah berpuasa tidak mengalami dehidrasi akut, hanya merasa haus secara perlahan dari waktu ke waktu, mulai dari imsak hingga berbuka puasa.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

“Jadi itu bukan suatu kondisi kelaparan yang akut, bukan suatu kondisi dehidrasi yang akut,” ujar Tan dalam media briefing PB IDI yang digelar online, Jumat, 31 Maret 2023.

Dia mengatakan bahwa diare kerap menimbulkan risiko yang bukan hanya kehilangan cairan tubuh, tetapi kehilang elekrolit yang berlebihan dan memicu adanya dehidrasi akut.

“Jadi kalau orang sehat tidak perlu minum oralit karena, pertama, itu kelebihan gula dan kelebihan garam. Oralit itu didesain takarannya, volume, komposisinya untuk orang yang dehidrasi akut,” kata Tan.

Selain itu, Tan juga mengingatkan bahwa kebutuhan tubuh akan asupan harian dari porsi makanan utuh, tidak bisa diganti dengan senyawa dalam cairan oralit. Agar tetap sehat, masyarakat harus mengonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Oleh karena itu, menurut Tan, orang yang berpuasa membutuhkan makanan yang seimbang dan bergizi saat sahur. Sementara itu, gizi seimbang dalam satu porsi makanan yang merujuk pada diagram Isi Piringku, di mana makanan seseorang harus berisi main course, lauk pauk, buah-buahan da,n sayur mayur.

“Jadi ketika itu tercapai, insyaallah kebutuhan gula dan garam terpenuhi, apalagi jika kita cukup minum. Jadi, dalam keadaan normal, tentu saja dalam kasus ini, Anda tidak perlu oralit jika tidak mengalami diare,” kata Tan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com