JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

194 Siswa SMPN 8 Solo Ikuti Pembelajaran di Luar Sekolah di Kepurun, Klaten

Para siswa kelas 7 SMP Negeri 8 Surakarta tengah mengikuti kegiatan pembelajaran di luar sekolah melalui kegiatan Perjusami di bumi perkemahan Kepurun, Klaten, Jumat (5/4/2023) sampai Minggu (7/5/2023) / istimewa
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€“ Sebanyak 194 siswa kelas 7 SMP Negeri 8 Surakarta mengikuti pembelajaran di luar sekolah (Perjusami) di bumi perkemahan Kepurun, Manisrenggo, Klaten, Jumat (5/4/2023) hingga Mingguย  (7/5/2023).

Dalam kegiatan perjusami tersebut, para siswa anggota Pramuka tersebut didampingi oleh wali kelas masing-masing, kakak-kakak pembina dan juga dibantu oleh tujuh orang mahasiswa UNS.

Menurut Kepala Sekolah, Triad Suparman, M.Pd, kegiatan Perjusami tersebut pada intinya bertujuan untuk melatih anak bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

โ€œKegiatan pembelajaran di luar sekolah seperti ini penting untuk melatih mental dan keterampilan siswa, berkomunikasi dan bertenggang rasa, baik kepada teman-temannya maupun kepada lingkungan alam,โ€ jelas Triad Suparman, ย sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews, Minggu (7/5/2023).

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

Karakter peserta didik, demikian Triad, akan dibentuk dan diuji dalam kegiatan Perjusami tersebut. Karena itu, ia berpesan agar para siswa selalu menjaga kekompakan, kesehatan dan selalu berkomunikasi dengan rekan-rekannya.

Koordinator Pembina Kegiatan, Ch Endah Setyowati, S.Pd menjelaskan, kegiatan yang mengusung tema โ€œBersahabat dengan Alamโ€ tersebut memiliki tujuan jangka panjang sebagai media untuk membentuk karakter anak bangsa yang berbudi pekerti luhur.

โ€œKarakter baik yang dimaksud antara lain adalah watak, kepribadian dan akhlak mulia. Melalui kegiatan pembelajaran di luar sekolah ini akan terbentuk nilai-nilai agamis, cinta tanah air, sopan santun, disiplin waktu dan patuh pada guru dan orang tua selalu dikembangkan,โ€ paparnya.

Selain bermanfaat dalam pembentukan karakter baik, kegiatan perjusami pramuka akan bermanfaat untuk melatih keterampilan motorik siswa, yang muaranya juga ke kualitas akademik siswa.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

Aneka kegiatan dan lomba-lomba digelar dalam kegiatan itu. Antara lain, giat persaudaraan, lomba pionering, lomba Folksong, lomba Menaksir, lomba isyarat dan sandi, lomba PBB, lomba Vlog Reportase, Lomba Semaphore Dance.

โ€œKepada anak-anak juga diajarkan materi tentang manfaat penghijauan, penjernihan air, pengolahan sampah dengan pembuatan hasta karya,โ€ paparnya.

Salah satu orangtua siswa, Iik Suryaniย  mengaku kegiatan tersebut sangat positif. Karena, siswa bisa menyatu dan menghargai alam sekitar dan mampu bekerjasama dalam tim.

โ€œSemoga kegiatan seperti ini semakin banyak diadakan, agar terbentuk siswa berkarakter Pancasila yang kuat di tengah kemajuan teknologi ini,โ€ paparnya. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com