JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

CATAT, Ini 4 Cara Sederhana Atasi Hidung Tersumbat

Ilustrasi penderita penyakit flu / tempo.co
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM Hidung tersumbat bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Mengutip Healthline, hidung tersumbat biasanya tersebab alergi musiman atau flu biasa.

Hidung tersumbat biasanya tersebab jaringan di dalam hidung yang terganggu. Misalnya gangguan akibat menghirup polusi udara, salah satunya asap.

Hidung tersumbat gejala umum infeksi atau alergi. Hidung tersumbat bisa menyebabkan ketaknyamanan, misalnya nyeri wajah dan sakit kepala.

Bagaimana kiat mengatasi hidung tersumbat?

1. Membersihkan hidung

Mengutip WebMD, lendir hidung tersumbat bisa dibersihkan menggunakan neti pot. Cara itu berguna untuk sejenak meredakan hidung tersumbat. Neti pot berisi larutan garam. Larutan garam ini bisa dibuat di rumah dengan mencampurkan satu cangkir air hangat. Bahan untuk larutan harus mengikuti anjuran yang tepat dari ahlinya.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

2. Uap

Mandi air hangat atau minum secangkir teh panas. Uap air hangat berguna untuk mengencerkan lendir dan membantu mengeluarkannya dari hidung. Bisa juga menggunakan cara lainnya. Menuangkan air mendidih ke dalam wadah agak besar. Tutup kepala menggunakan handuk. Tubuh condong agar wajah menghadap bagiah atas wadah untuk menghirup uapnya. Bisa dilakukan selama empat kali dalam sehari.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

3. Sup ayam

Konsumsi sup kaldu yang panas bermanfaat untuk upaya melegakan saluran hidung. Mengonsumsi makanan lezat berkuah juga member efek lain, membantu meredakan suasana hati yang merasa tak nyaman karena hidung tersumbat.

4. Peppermint

Permen peppermint dan bahan aktif utamanya mentol bisa mengencerkan lendir yang menyebabkan hidung tersumbat. Tak mesti permen, teh dengan campuran peppermint juga sama saja manfaatnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com