JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Halal Bi Halal RT 06 Jetis Permai, Habib Ali Al Jufri: Awas, Terlalu Sering Posting Makanan Bisa Menjurus Dosa

halal bi halal
Habib Ali Bin Idrus Al Jufri saat memberikan tausyiah dalam Silaturahmi Halal Bi Halal warga Jetis Permai RT 06/10, Gentan, Baki, Sukoharjo, Sabtu (6/5/2023) / Foto: Suhamdani
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Posting makanan di media sosial (Medsos) pada era digital sekarang ini sepertinya sudah menjadi hal yang lazim dan dianggap biasa-biasa saja.

Sering terjadi, keluarga-keluarga yang berwisata kuliner ke sebuah resto, lalu  memposting foto atau video mereka saat menikmati kuliner di status Facebook, Twitter atau WAG.

Kebiasaan tersebut memang sudah menjadi tren atau sebuah fenomena. Namun hati-hati, karena menurut Ali Bin Idrus Al Jufri, tindakan seperti itu berpotensi menjurus pada dosa.

Pasalnya, menurut Ali Al Jufri, posting makanan di media sosial tersebut, secara tak langsung membuat orang yang melihat merasa lapar.

“Kita telah membuat orang lain merasa lapar, tapi kita hanya pamer dan tidak memberi mereka makanan. Ini sebuah tindakan yang menjurus ke arah dosa,” ujar Habib Ali saat memberikan tausyiah dalam acara Silaturahmi Halal Bi Halal warga Jetis Permai RT 06/10, Gentan, Baki, Sukoharjo, Sabtu (6/5/2023) malam.

Dengan nada candaan, Habib Ali menyarankan, kalau kita memang mau memposting di media sosial saat sedang menikmati kuliner, kita harus berbagi dengan orang-orang yang melihat postingan kita.

“Kalau perlu, kita kirim makanan ke orang yang tinggal di Jakarta yang kebetulan melihat postingan kita,” ujar Habi Ali, disambut tawa hadirin.

Baca Juga :  Sejarah Lahirnya Persaudaraan Setia Hati Terate & Kisah Inspiratif Ki Hadjar Oetomo

Contoh yang dipaparkan Habib Ali di atas, hanyalah sebagian kecil dari perwujudan ajaran Islam, di mana manusia haruslah saling membantu satu sama lain.

Dalam kehidupan bermasyarakat, demikian Habib Ali, umat Muslim disarankan untuk saling berkabar dengan semua tetangga dan menjalin silaturahmi.

“Sebaik-baiknya ibadah seseorang, jika ia memutuskan tali silaturahmi dengan sesama, hal itu tak ada gunanya di hadapan Allah,” beber Habib Ali.

Pada bagian lain, Habib Ali menyentil, kini banyak orang yang umroh atau naik haji berkali-kali, tapi tidak memperhatikan atau membantu tetangga kanan kiri. Hal itu, menurut Habib Ali tidak dibenarkan dalam ajaran Islam.

Untuk itulah, Habib Ali menyarankan umat Muslim untuk menjalin silarurahmi dengan siapapun, dari latar belakang asal, ekonomi atau agama apapun.

“Kunjungilah semua orang, termasuk musuh-musuhmu. Karena dengan demikian, hal itu menjadi berkah,” ujarnya.

Sebagai Media Komunikasi

Sebelumnya, dalam kata sambutan Ketua Panitia, Agus Sutantyo mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia yang sangat kompak dan warga yang ikut bahu membahu dalam membantu kelancaran jalannya acara.

Ia mengatakan, Silaturahmi Halal Bi Halal tersebut merupakan acara rutin tahunan, yang merupakan wujud syukur atas segala rahmat yang dilimpahkan Allah SWT kepada seluruh warga.

Grup musik Jetis Permai RT 06/10, Jokustik, saat membawakan lagu religius dalam acara Silaturahmi Halal Bi Halal, Sabtu (6/5/2023) / Foto: Suhamdani

Di samping itu, ujar Agus, Silaturahmi Halal Bi Halal tersebut menjadi media komunikasi bagi warga. Bagi warga yang tidak bisa hadir di acara pertemuan bulanan, maka Silaturahmi Halal Bi Halal bisa menjadi alternatif media perantara guna saling bertemu dan bermaaf-maafan.

Baca Juga :  Pondok Pesantren Assalaam Solo Bangun Kolam Renang Olympic Syariah

“Atas jerih payah panitia dan seluruh warga, kami mengucapkan terima kasih,” paparnya.

Ketua RT 06/RW 10, Cahyo Yuli Kristanto mengatakan, acara tersebut digelar masih dalam suasana lebaran. Lantaran itulah ia mewakili segenap pengurus RT minta maaf jika selama ini belum maksimal dalam melayani warga.

Selanjutnya ia mengajak seluruh warga RT 06/RW 10 untuk memperkuat kerukunan demi mewujudkan keharmonisan antar sesama warga.

Senada dengan itu, Ketua RW 10 Ahmad Suwardi mengajak seluruh warga sama-sama membuka hati untuk saling memaafkan dan membuka lembaran baru dalam kehidupan bermasyarakat yang lebih baik.

Untuk diketahui, acara Silaturahmi Halal Bi Halal tersebut berlangsung di lapangan bulu tangkis yang dinaungi dengan tiga buah tenda terpisah.

Uniknya, sebelum acara dimulai sempat terjadi hujan cukup deras.  Namun sekitar pukul 19.30 WIB hujan berhenti, dan bulan menampakkan diri samar-samar sampai dengan acara selesai.

Acara dimeriahkan dengan penampilan apik dari grup Jokustik, yakni sebuah grup band kecil milik RT 06, yang saat itu membawakan lima lagu religi. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com