JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Koper Jamaah Calon Haji Mulai Tiba di AHD, Kloter 1 Diterbangkan ke Tanah Suci Rabu Dini Hari

Ratusan koper jemaah calon haji (JCH) mulai tiba di Asrama Haji Donohudan (AHD), Kecamatan Ngemplak pada Senin (22/5/2023). Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM -– Ratusan koper jemaah calon haji (JCH) mulai tiba di Asrama Haji Donohudan (AHD), Kecamatan Ngemplak pada Senin (22/5/2023). Total ada 352 koper yang diangkut dengan truk boks kantor pos Indonesia.

Koper tersebut adalah milik JCH kelompok terbang (Kloter) 1 asal Kabupaten Grobogan. Begitu tiba di AHD, koper- koper tersebut kemudian diturunkan ke gedung di samping gedung Jeddah untuk dicek lebih lanjut.

“Sebenarnya kloter 1 sebanyak 360 JCH. Namun, koper yang telah sampai hanya sebanyak 352 buah. Karena ada tiga nanti dari petugas haji daerah dan lima petugas kloter. Jadi kopernya biasa dibawa sendiri,” kata Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi.

Baca Juga :  Tertarik Mendaftar Polisi 2024? Polres Boyolali Masih Buka Pendaftaran Sampai 21 April, Lho!

Dijelaskan, koper yang telah tiba di Embarkasi Solo langsung diturunkan dari boks truk oleh petugas. Selanjutnya, koper tersebut akan dilakukan screening dengan dilewatkan mesin x-ray guna memastikan tidak ada barnag terlarang di dalamnya.

Bagaimana bila ditemukan barang-barang terlarang di dalam koper? Gentur mengungkapkan, jika ditemukan benda terlarang, maka petugas akan memanggil petugas kloter terkait.

Petugas diminta untuk menyaksikan langsung pembukaan koper. Sekaligus menyaksikan pengeluaran barang tersebut.
“Barang terlarang seperti majic jar, senjata tajam, korek api, gunting dan uang dalam jumlah banyak.”

Ditambahkan, uang memang dilarang untuk dimasukkan ke dalam koper besar. Uang tunai jamaah sebaiknya dimasukkan ke dalam tas jinjing atau tas tenteng tempat membawa paspor sehingga lebih aman.

Baca Juga :  Asrama Haji Donohudan Boyolali Siap Terima Kedatangan Calon Haji

Setelah semua dinyatakan aman, koper JCH akan ditimbang satu persatu. Tujuannya, memastikan berat koper yang masuk ke dalam bagasi pesawat terbang sesuai batas maksimal yaitu 32 kg.

Untuk tas koper jinjing kabin, maksimal beratnya 7 kg.

“Sehari ini bakal tiba koper dari 4 kloter Embarkasi Solo masuk AHD.”

Maisng- masing koper dari kloter 1 dan 2 dari Grobogan, dan kloter 3 gabungan Grobogan dan Demak, dan kloter 4 dari Kabupaten Demak. Sedangkan JCH empat kloter tersebut dijadwalkan masuk AHD besok pagi atau Selasa (23/5/2023).

“Kloter 1 tiba pukul 06.00 dan diterbangkan pada Rabu (24/5/2023) pukul 00.30 .” Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com