JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Manis dan Menyegarkan, Ini Sederet Manfaat Minum Air Tebu

Ilustrasi air tebu. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Tebu merupakan tanaman yang termasuk dalam rumput-rumputan. Bagian dakan batang tebu memiliki rasa yang manis.

Tebu biasa digunakan sebagai bahan baku untuk gula dan vetsin. Tebu memiliki nutrisi alami yang cukup tinggi.

Selain itu, kandungan lain yang terdapat di dalamnya yakni natrium, zat besi, kalium, kalsium, yang bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini secara langsung membuat air tebu juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Mengutip buku Teknik Budidaya Tebu oleh Cak Thoriq, air tebu sebanyak 28,35 gram mengandung energi sebanyak 26,56 kkal, karbohidrat sebanyak 27,52 gram, protein 0,27 gram, kalsium 11,26 miligram, zat besi 0,37 miligram, potasium 31,96 miligram, serta sodium 17,01 miligram. Lalu, dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, apa saja manfaat air tebu untuk kesehatan? Berikut beberapa manfaatnya.

1. Sumber energi

Air tebu memiliki kadar gula alami yang berfungsi meningkatkan energi. Selain itu, tebu juga mempunyai kadar sukrosa (kadar gula sederhana), zat yang mudah diserap tubuh sehingga bisa dengan cepat mengganti energi yang hilang.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

2. Bahan untuk perawatan kulit

Air tebu ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan kulit karena memberikan nutrisi hingga mencegah penuaan dini. Kandungan yang berguna tersebut karena adanya antioksidan, senyawa fenolat hingga flavonoid. Kandungan ini juga dianggap dapat menyehatkan kulit dan membuatnya lebih lembut.

3. Memperkuat tulang dan gigi

Kalsium yang terkandung dalam tebu juga dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium sendiri berguna untuk membangun kerangka pertumbuhan dan perkembangan tulang, khususnya untuk anak-anak.

4. Melancarkan pencernaan

Kandungan kalium dalam air tebu dapat menyeimbangkan tingkat pH di perut sehingga bisa memfasilitasi sekresi di cairan pencernaan. Dengan kata lain, air tebu berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

5. Mencegah penyakit ginjal

Khasiat air tebu selanjutnya yakni untuk kesehatan ginjal. Apalagi jika air tebu dicampur dengan air lemon dan kelapa karena air tebu bisa meningkatkan protein dalam tubuh. Manfaat lainnya adalah mengurangi sensasi terbakar seperti yang dirasakan pada yang terkena penyakit ginjal.

6. Berkhasiat untuk meningkatkan metabolisme

Manfaat selanjutnya yaitu bisa untuk meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh berkali lipat untuk melawan penyakit. Kandungan antioksidan dapat membantu meningkatkan kadar bilirubin dalam tubuh.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

7. Melawan kanker

Siapa sangka manfaat air tebu berguna dalam melawan kanker. Kandungan flavonoidnya berguna membantu menghambat pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali, misalnya kanker prostat dan kanker payudara.

8. Mengatasi bau mulut

Bau mulut yang sering terjadi bisa karena adanya lubang pada gigi. Untuk mencegahnya, Anda bisa minum air tebu. Kandungan seperti kalsium dan fosfor yang ada dalam air tebu membantu membentuk enamel atau lapisan pelindung gigi. Selain itu, nutrisi yang terkandung juga bisa mencegah terjadinya pembusukan dan bisa memperkuat gigi.

9. Mampu meningkatkan fungsi hati

Khasiat yang terkenal dari air tebu yaitu sebagai pengobatan alami terbaik untuk penyakit yang berkaitan dengan hati, seperti penyakit kuning karena air tebu bersifat basa dan bisa menjaga keseimbangan elektrolit yang ada dalam tubuh.

10. Mengatasi infeksi saluran kemih

Konsumsi air tebu juga direkomendasikan untuk orang yang mengalami infeksi saluran kemih hingga penyakit kardiovaskular.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com