JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Warga Sangiran Sragen Mendadak Ramai-ramai Berburu Ikan, Keuntungan Sehari 300-400 Ribu

Warga Sangiran Sragen Ramai-ramai Berburu Ikan di aliran anak sungai cemoro | Huriyanto | JOGLOSEMARNEWS.COM
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Dampak musim kemarau mulai terasa, sejumlah aliran sungai dan embung di beberapa wilayah di kabupaten Sragen mulai mengering.

Dampak musim kemarau ini justru dimanfaatkan oleh sejumlah orang untuk mencari penghasilan tambahan, dengan berburu ikan air tawar di sungai maupun di embung-embung milik desa.

Cara ini dilakukan langsung oleh sejumlah warga Sangiran, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah.

Terlihat belasan emak-emak dan laki-laki di Sangiran rame-rame berburu ikan air tawar di saluran anak sungai Cemoro.

Mereka membawa ember, jaring, plastik, dan alat lainnya menangkap ikan. Adapun ikan yang berhasil ditangkap seperti ikan Wader, Mujair, Putihan, Lele, Gabus (kutuk), Udang.

Naryanti (36), salah satu warga Sangiran RT 10, Desa Krikilan, Kalijambe, Sragen pada JOGLOSEMARNEWS.COM , mengatakan sejak dulu saat musim kemarau tiba banyak warga masyarakat Sangiran mencari ikan di aliran sungai Cemoro maupun disaluran.

Mencari ikan seperti ini biasanya dilakukan saat air saluran irigasi surut atau pada saat musim kemarau, lumayan buat tambah-tambah penghasilan,” kata Naryanti, Rabu (14/6/2023).

Baca Juga :  Baliho Adik Kandung Bupati Sragen Untung Wibowo Sukowati Terpasang di 20 Kecamatan Dapat Respon Positif dari Masyarakat

Selain itu, menurut Naryanti panen ikan musiman ini di aliran sungai anak cemoro sangat membantu perekonomian warga dipinggiran sungai, pasalnya hasil ikan tangkapan itu bisa dijual dengan harga yang lumayan.

“Kalau ikan wader itu satu ceting kalau dijual harganya 50 ribu rupiah, kalau udang satu cetingnya juga 50 ribu, kalau mujair 1 kg bisa 35 sampai 40 ribu per kg. Alhamdulillah hari ini tadi saya dapat 2 ceting udang dan 3 ceting wader,” jelasnya.

Tidak hanya Naryanti saja, beberapa tetangga juga ikut mencari ikan di saluran sungai Cemoro, beberapa warga tersebut antara lain mbah Kimin, Peri, Lek nek, mbah Mantan, Warsiti, Herno, Senton, Hardi, Mas pandan dan beberapa warga lainnya.

Aktivitas serupa juga dilakukan oleh warga Desa Gading, Kecamatan Tanon, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah.

Terlihat puluhan orang rame-rame berebut ikan di dalam embung, bahkan warga bisa mendapatkan ikan satu ember dengan berbagai jenis.

Nur Huda (30), salah satu warga Dukuh Ngaringan, Gading, Tanon, Sragen saat ditemui JOGLOSEMARNEWS.COM , mengatakan ia sejak kemarin sore hingga hari ini berburu ikan di embung Gading bersama warga lainnya.

Baca Juga :  Kisah Pilu Nenek Sebatang Kara di Tanon, Sragen, yang Hidup Gelap Puluhan Tahun

“Ini dapat ikan wader, lele, udang dan mujair sama ikan tombro, ini dampak musim kemarau mas lha air ini surut soalnya dipakai buat perairan sawah petani dan ternyata saat surut ikannya banyak dan besar besar,” kata Nur Huda.

Warga saat berburu ikan mengunakan jaring, ember, karung dan sesek dari bambu untuk menangkap ikan-ikan.

Bahkan sejak 2 hari embung surut warga mengatakan mendapat keuntungan dari jualan ikan.

“Iya alhamdulillah kalau Rp. 300.000 sampai Rp.400.000 sudah dapat mas dari jualan ikan dari embung ini,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ali (34) salah satu warga kampung Karang, Gading, Tanon, Sragen, menurutnya berburu ikan air tawar di embung desa Gading sudah rutin dilakukan setiap tahunnya.

“Iya sudah rutin setiap tahunnya kalau embung surut airnya, selain dijual hasil tangkapan ikan ini juga buat lauk makan bareng keluarga,” ujarnya.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com