JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tahun Baru Islam, Warga Randubang Pare Selogiri Wonogiri Gelar Kajian dan Istigasah Fokus Pembangunan Kualitas Manusia

Tahun baru
Peringatan tahun baru Hijriyah di Randubang Pare Selogiri Wonogiri. Dok. Panitia
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM –Pada malam Selasa (18/7/2023), warga Dusun Randubang Pare Selogiri Wonogiri merayakan 1 Muharam 1445 H dengan menghadiri acara Kajian dan Istigasah di kediaman Ketua RT 01 Dusun Randubang, Trimo. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kelompok Kuliah Pengabdian Masyarakat Tematik (KPMT) Kelompok 2 untuk memperingati peristiwa penting dalam kalender Islam.

Acara bertemakan “Dengan Semangat Muharam, Mari Kita Bentuk Generasi Cerdas, Islami, dan Mandiri” menghadirkan pembicara Ustadz Suprihatin, seorang dosen Prodi Ekonomi Syariah di STAIMAS Wonogiri. Dalam pemaparannya, Ustadz Atin menyampaikan pentingnya memperhatikan tiga unsur dalam tubuh manusia yang memerlukan asupan gizi yang baik.

“Manusia adalah ciptaan Allah yang paling sempurna, terdiri dari tiga unsur, yaitu jasad, ruh, dan akal,” kata Ustadz Atin.

Dia menekankan gizi untuk jasad harus berasal dari makanan dan minuman yang halal dan berkualitas. Sementara itu, gizi bagi akal diperoleh melalui ilmu pengetahuan, dan gizi bagi ruh adalah melalui dzikrullah dan ibadah kepada Allah.

Baca Juga :  Mas Dar Banjir Masukan Soal Kartu Tani hingga Kekeringan, Mantab Jadi Cagub Jateng Bersama Pasangan yang Siap Memenangkan

Dalam upaya untuk memberikan gizi bagi akal, Ustadz Atin mengajak masyarakat untuk aktif menghadiri pengajian dan acara ilmiah lainnya. Selain itu, beliau mengingatkan para orangtua tentang pentingnya mendidik anak-anak sejak dini dengan mengajarkan akidah yang kuat dan nilai-nilai kebaikan.

Kepada para generasi muda yang hadir, Ustadz Atin berharap agar mereka tumbuh menjadi anak-anak yang taat dan patuh kepada orangtua, serta senantiasa menghormati dan memuliakan mereka. “Janganlah menjadi anak yang durhaka,” pesan beliau dengan tegas, sambil berharap generasi muda ini menjadi penerus bangsa yang bertakwa.

Kajian tersebut semakin berkesan karena Ustadz Atin, yang juga seorang vokalis, menyajikan beberapa lagu religi yang memperdalam makna dari acara tersebut.

Baca Juga :  Asyiknya Bikin Pot dari Galon ala Murid RA Munzalam Mubaroka Bulukerto Wonogiri

Ketua RW X, Sartono, memberikan apresiasi yang tinggi atas acara yang diinisiasi oleh mahasiswa KPMT STAIMAS Wonogiri dengan menghadirkan pembicara yang kompeten dari kampus mereka. Beliau berharap pengajian malam itu dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

Rifka Adi Anisa, selaku penanggung jawab acara Kajian dan Istigasah, menyatakan beberapa tujuan yang ingin dicapai melalui acara tersebut, di antaranya adalah menjalin tali silaturahmi antar warga Dusun Randubang Pare Selogiri Wonogiri dan menjadi sarana meningkatkan ketakwaan kepada Allah bagi mahasiswa maupun warga.

“Semoga kajian ini akan memotivasi kami semua untuk aktif mengikuti kegiatan keagamaan yang lainnya,” ungkap Rifka Adi Anisa dengan harapan yang tulus. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com