JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Cara Membuat Bakso Wonogiri dari Daging Sapi yang Lezat dan Kenyal

Bakso frozen hasil kreasi Yanto SBY. Dok. Papmiso
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bakso adalah salah satu makanan favorit yang sering dijumpai di Indonesia. Rasanya yang lezat dan tekstur kenyal membuat bakso menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang.

Salah satu jenis bakso yang populer adalah bakso daging sapi, terlebih bakso Wonogiri yang sudah terkenal seantero negeri. Seakan bakso Wonogiri sudah menjadi brand jaminan enak dan nikmat.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba cara membuat bakso Wonogiri dari daging sapi sendiri di rumah, berikut adalah resep dan langkah-langkahnya:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. 500 gram daging sapi segar
2. 100 gram tepung sagu
3. 2 siung bawang putih, haluskan
4. 1 sendok teh garam
5. 1/2 sendok teh merica bubuk
6. 1/2 sendok teh kaldu bubuk
7. Air es secukupnya

Langkah-langkah pembuatan:

1. Pertama-tama, siapkan daging sapi segar. Pilih bagian daging yang tidak terlalu berlemak agar bakso tidak terlalu berminyak.
2. Potong daging sapi menjadi potongan kecil-kecil, kemudian giling daging menggunakan mesin giling daging atau blender hingga halus.
3. Setelah daging digiling, masukkan daging yang sudah digiling ke dalam wadah.
4. Tambahkan tepung sagu, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, merica bubuk, dan kaldu bubuk ke dalam wadah yang berisi daging giling.
5. Campur semua bahan dengan menggunakan tangan, aduk hingga tercampur rata. Jika adonan terlalu kering, tambahkan air es sedikit-sedikit hingga adonan bisa dipulung dan tidak terlalu lengket.
6. Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama 15-20 menit dalam lemari es agar adonan mengeras dan lebih mudah diolah.
7. Setelah adonan mengeras, ambil sedikit adonan dan bentuk sesuai dengan selera Anda. Anda bisa membuat bakso bulat atau bakso oval.
8. Rebus air dalam panci, tambahkan sedikit garam ke dalam air rebusan.
9. Setelah air mendidih, masukkan bakso yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih. Masak bakso hingga mengapung dan matang.
10. Angkat bakso yang sudah matang dengan saringan atau sendok berlubang untuk menghilangkan air rebusan.
11. Bakso daging sapi siap disajikan. Anda bisa menyajikannya dengan kuah bakso, mie, tahu goreng, irisan daun bawang, dan bumbu tambahan sesuai selera.

Baca Juga :  Jadwal PSAT dan PSASP hingga Pengumuman Kelulusan SMP Terungkap saat Digelar Sosialisasi Program Kelas 9

Nikmati bakso daging sapi yang kenyal dan lezat bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Artikel ini memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat bakso daging sapi. Dengan mengikuti resep ini, Anda dapat menikmati bakso yang lezat dan kenyal di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan bakso Wonogiri Anda!. Aris Arianto 

Baca Juga :  5 Caleg PDIP Wonogiri Mengundurkan Diri Kendati Kantongi Suara Tinggi
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com