JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Kuliah Murah Banjir Beasiswa, UMUKA SOLO Makin Diminati Masyarakat

Penyerahan beasiswa dari Bupati Karanganyar Juliyatmono MH MM kepada mahasiswa UMUKA SOLO | Foto: Beni Indra
ย ย ย 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Masuki Tahun Ajaran Baru 2023-2024 Universitas Muhammadiyah Karanganyar (UMUKA SOLO) makin diminati masyarakat karena dikenal murah dan banyak beasiswa.

Kali ini pada Gelombang II UMUKA SOLO mendapat Mahasiswa Baru (Maru) sebanyak 242 dan masih tersisa Gelombang III yang akan ditutup sekitar akhir September mendatang.

Rektor UMUKA Dr Muhammad Samsuri mengatakan banyak faktor yang mendorong masyarakat mempercayakan anaknya kuliah di UMUKA SOLO yakni pertama kualitas pendidikannya memang baik meski sebagai kampus muda.

Kedua, lanjut Samsuri panggilan akrabnya karena Program Studi (Prodi) nya marketable dan yang ketiga faktor banyaknya beasiswa yang diberikan dengan besaran Rp 2,5 juta per orang.

Beasiswa UMUKA SOLO berasal dari banyak sumber yakni beasiswa kategori akademik dan non akademik, serta beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

“Untuk tahun lalu atau mahasiswa perdana UMUKA SOLO mendapat beasiswa dari Bupati Karanganyar Juliyatmono MH MM sebanyak 17 orang kategori khusus pendaftar pertama warga Karanganyar dengan paket dibiayai hingga lulus kuliah,” ungkap Rektor UMUKA, Dr Muhammad Samsuri di sela membuka acara Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru- Masa Taaruf (PKKMB-Masta) pada Selasa (29/8/2023).

Baca Juga :  Rosalia Indah Tambah 10 Unit Baru, Layani Kelas Executive Plus

Selain beasiswa khusus 17 orang mahasiswa tersebut, juga diberikan beasiswa bagi mahasiswa warga Karanganyar sebanyak 295 orang dengan besaran Rp2.5 juta per orang.

Namun untuk mahasiswa diluar warga Karanganyar sebanyak 58 orang dengan besaran sama Rp 2,5 juta per orang.

“Sumber beasiswa yang untuk mahasiswa non warga Karanganyar sebesar Rp 2,5 juta per orang berasal dari LazisMU Karanganyar,” tandas Samsuri.

Meski demikian untuk tahun ini belum ada beasiswa bagi mahasiswa baru tetapi pihak kampus sedang mengupayakan peluang sumber beasiswa selanjutnya.

Sementara itu untuk sebanyak 242 Mahasiswa Baru UMUKA SOLO Tahun 2023 mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru- Masa Taaruf (PKKMB-Masta) pada Selasa (29/8/2023).

Baca Juga :  Mahasiswa KKN 93 UNS dan SDN 03 Gentungan Kolaborasi Tingkatkan Kreativitas dan Kesadaran Lingkungan

Sebanyak 242 mahasiswa baru itu berasal dari Fakultas Sains dan Komunikasi Bisnis. Bahkan dari sebanyak 242 orang itu terdapat sebanyak 30 mahasiswa dari antar pulau yakni dari Provinsi NTB dan NTT.

Untuk mahasiswa antar pulau diberikan fasilitas penginapan oleh UMUKA SOLO ditampung di Pantai Aisyiyah dan Rumah Imam komplek kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar.

“Diharapkan Tahun Ajaran 2023 UMUKA SOLO dapat tercapai target 500 orang termasuk kelas khusus pekerja seperti dari perangkat desa, karyawan,” pungkas Samsuri.

Acara orientasi mahasiswa baru juga mendapat respon dariย  Staf Khusus Menteri PMK, Ravik Karsidi secara virtual.

Ravik Karsidi menekankan pentingnya peran perguruan tinggi mencetak generasi muda berakhlak dan berkebangsaan.

“Kuncinya atau modal utama adalah mahasiswa saat ini harus mudah beradaptasi dengan kondisi sekarang seiring zaman cepat berubah dan adanya ketidakpastian yang dipicu kompleksitad masalah,” ungkap Prof Ravik Karsidi. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com