Beranda Edukasi Kesehatan Selain Nikmat, Ini Sederet Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

Selain Nikmat, Ini Sederet Manfaat Minum Teh Tanpa Gula

Ilustrasi minuman teh. Foto: pexels.com

JOGLOSEMARNEWS.COM — Teh merupakan salah satu minuman populer di seluruh dunia. Minuman teh mudah didapatkan dan dapat dinikmati kapan saja.

Biasanya teh diminum dalam keadaan panas, hangat ataupun dingin. Kebiasaan paling umum saat minum teh adalah dengan menambahkan gula.

Teh dengan gula memang akan membuat teh terasa lebih nikmat, tetapi gula juga memiliki beberapa kekurangan. S

Mengutip Independent, mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penambahan berat badan. Meski tanpa gula, daun teh mengandung kafein.

Mengonsumsi minuman bebas gula ini secara rutin dapat menghasilkan manfaat bagi tubuh. Lantas, apa saja manfaat minum teh tanpa gula?

1. Memperkuat sistem kekebalan

Dilansir dari Nation World, karena kandungannya dalam flavonoid dan vitamin H, teh dapat memperkuat fungsi pertahanan tubuh sehingga mencegah kerusakan sel.

2. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Minum teh secara teratur dan tanpa gula membantu tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, memungkinkan pencernaan yang baik dan mencegah kram perut.

3. Memperkuat sistem kognitif

Antioksidan dalam teh merangsang ingatan yang baik sehingga melindungi otak dari penyakit seperti Alzheimer.

4. Hindari luka Kardiovaskular

Minum teh tanpa gula dapat mencegah pembentukan gumpalan darah yang menyebabkan stroke dan serangan jantung.

5. Menurunkan diabetes

Mengurangi gula juga berpotensi menurunkan risiko terkena diabetes. Mengonsumsi lebih banyak gula memiliki peluang lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Sedangkan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit gula memiliki peluang lebih rendah. Untuk mengurangi risiko diabetes, hentikan kebiasaan mengonsumsi gula.

www.tempo.co