JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Semua Tentang Perut Kembung: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi perut kembung. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Perut kembung merupakan salah satu masalah pencernaan yang umum dialami banyak orang. Bagi orang yang mengalaminya, perut kembung menyebabkan rasa tidak nyaman. Meski demikian hal ini seringkali dianggap sebagai hal yang sepele.

Melansir Healthline, perut kembung, yang dalam istilah medis disebut dispepsia, adalah kondisi di mana perut terasa kencang dan terasa sangat penuh udara. Ini bisa disertai dengan rasa perih, nyeri, atau tertekan di perut. Meskipun perut kembung bukanlah kondisi serius atau berbahaya, ia dapat mengganggu aktivitas.

Penyebab

Melansir MedicalNewsToday, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan perut kembung. Salah satu penyebab paling umum adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang menghasilkan gas dalam saluran pencernaan. Contohnya adalah makanan pedas, kacang-kacangan, soda, dan minuman berkarbonasi.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Ketika seseorang makan atau minum dengan cepat atau berbicara saat makan, ia dapat menelan udara yang kemudian terperangkap di dalam perut dan menyebabkan kembung.

Ada pula kondisi di mana bakteri usus berkembang biak terlalu banyak di usus kecil, menghasilkan gas berlebih yang menyebabkan kembung.

Beberapa orang juga mengalami kembung karena mereka intoleran terhadap makanan tertentu, seperti laktosa atau gluten. Kondisi emosional seperti stres dan kecemasan juga dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan perut kembung.

Gejala

Gejala perut kembung dapat berbeda setiap orang. Melansir Healthline, gejala umum yang mungkin muncul meliputi perasaan penuh, kembung dan rasa tegang di perut, nyeri atau ketidaknyamanan di sekitar perut bagian atas atau tengah.
mual atau perasaan ingin muntah, perut yang berbunyi atau bersuara seperti gemuruh.

Baca Juga :  Waktu dan Cara yang Tepat untuk Cek Gula Darah
Cara Mengatasi Perut Kembung

Untuk mengatasi perut kembung, hindari makan dengan terlalu cepat, kunyah makanan dengan baik, dan hindari makan makanan yang diketahui memicu kembung. Identifikasi makanan atau minuman yang memicu perut kembung dan hindarilah sebisa mungkin.

Aktivitas fisik dapat membantu mendorong gas keluar dari perut. Konsumsi probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di saluran pencernaan. Terakhir, kelola stres dengan teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi yang dapat memperburuk perut kembung.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com