JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

AKBP Jamal Alam Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023, Kapolres Sragen Telah Siapkan Strategi Urai Kemacetan Arus Mudik Nataru

AKBP Jamal Alam Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023, Jumat, (22/12/2023) || Huriyanto
AKBP Jamal Alam Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023, Jumat, (22/12/2023) || Huriyanto
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Polres Sragen telah menyiapkan sejumlah 300 personil yang siap mengamankan arus mudik pada libur Natal dan tahun Baru 2024, hal itu disampaikan Kapolres Sragen AKBP Jamal Alam usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023 di Lapangan Mapolres Sragen, Jumat, (22/12/2023).

Apel gelar pasukan dihadiri oleh jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten Sragen, para pejabat utama Polres Sragen, personil Polres Sragen yang tergabung dalam Operasi lilin Candi 2023, TNI Kodim 0725 Sragen, Yonif 408 Suhbrasta, serta personil Pemkab Sragen.

Dijelaskan Kapolres Sragen dalam sambutannya, bahwa apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana yang akan digunakan selama pelaksanaan Operasi Kepolisian dengan sandi Lilin Candi 2023.

Diharapkan seluruh kegiatan pengamanan baik perayaan Natal tahun 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

Pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) merupakan tugas rutin yang sudah teragenda setiap tahunnya, sehingga pada pelaksanaannya akan dapat berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

Baca Juga :  Kapolres Sragen AKBP Petrus P Silalahi Pimpin Sertijab Minta Pejabat Baru Solid dan Ciptakan Inovasi

“Untuk itu kita pastikan kegiatan ini berjalan dengan aman, nyaman dan lancar. Hal itu juga seperti penekanan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, bahwa Natal dan tahun Baru ini rutinitas, tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi pasokan dan distribusi bahan pokok,” kata AKBP Jamal Alam.

Berbeda dari tahun sebelumnya, bahwa Nataru tahun ini bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polres Sragen juga didukung oleh kekuatan personil dari pemerintah daerah kabupaten Sragen, Mitra Kamtibmas, TNI dan juga stakeholder terkait, dengan total kekuatan personil sebanyak 300 orang.

Untuk mendukung kegiatan pengamanan, Polres Sragen juga telah menyiapkan sejumlah 11 pos, diantaranya pos pengamanan di sejumlah 5 gereja, terdiri dari pos pengamanan gereja Santa Maria de Fatima, pos pengamanan  gereja Taman Asri Sragen,  pos pengamanan GKI Sragen, pos pengamanan GKJ Sragen dan pos pengamanan  gereja Baitania Sragen.

Baca Juga :  Diakhir Masa Jabatan Bupati Yuni Beri Hadiah Warga Sragen Dengan Kantor Pemda Terpadu Lokasi Lebih Nyaman dan Strategis Pelayanan Pada Masyarakat Lebih Mudah

Sejumlah 4 pos pelayanan di rest area tol, diantaranya pos pelayanan rest area 519 A, pos pelayanan rest area tol 519 B, pos pelayanan rest area tol 538 A dan pos pengamanan rest area tol 538 B, dan 2 pos pengamanan lainnya yakni pos terpadu exit tol Pungkruk Sidoharjo dan pos perbatasan provinsi exit Tol Sragen Timur Sambungmacan Sragen.

“Para personil sudah insert di lokasi pos pengamanan masing-masing sejak Jumat, (22/12/2023) pukul 00.00 WIB. Ini sebagai bentuk jaminan keamanan kepada  masyarakat kita, yang melaksanakan mudik maupun balik serta ibadah Natal dan tahun baru,” jelasnya.

Terkait peningkatan arus lalu lintas, Kapolres menyebut, telah menyiapkan strategi dengan mengerahkan personil baik di perlintasan arus mudik dan balik di jalur arteri dan di jalur Tol.

“Semuanya personil telah siap untuk mengurai apabila terjadi kemacetan, dan siap membantu masyarakat, baik di jalur arteri maupun di jalur Tol,” ujarnya.

Huri Yanto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com