JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Seperti Ini Jadwal Debat Capres dan Cawapres 2024

Ketua KPU Hasyim Asy'ari saat mengumumkan penetapan pasangan Capres dan Cawapres di Kantor KPU, Jakarta, Senin (13/11/2023) |tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal debat calon presiden dan calon wakil presiden Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

Dijelaskan Ketua KPU, Hasyim Asyári, debat capres cawapres akan dilaksanakan sebanyak lima kali pada Desember 2023 hingga Februari 2024, dengan mengangkat tema yang beragam.

Dikatakan, debat pertama akan dilakukan oleh capres dan kedua diikuti cawapres. Sedangkan jatah debat ketiga diberikan kepada capres dan debat keempat untuk cawapres. Terakhir, adu gagasan pada kesempatan kelima akan ditutup oleh capres.

“Debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, dan kerukunan masyarakat,” kata Hasyim di kantor KPU, Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Adapun debat pertama akan diselenggarakan di kantor KPU RI pada Selasa (12/12/2023). Seluruh kegiatan debat akan disiarkan langsung di sejumlah saluran televisi nasional dan kanal-kanal media elektronik lainnya.

Berikut jadwal lengkap penyelenggaraan debat capres dan cawapres resmi yang ditetapkan KPU:

 

  1. Debat I Selasa, 12 Desember 2023.

 

Tema: pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Baca Juga :  Usai Dilantik jadi Menteri ATR/BPN,  Gibran Berharap AHY Bisa Bersinergi dengan Kota Solo

 

  1. Debat II Jumat, 22 Desember 2023.

 

Tema: pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

 

  1. Debat III Minggu, 7 Januari 2024.

 

Tema: ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), infrastruktur, keuangan, serta pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

 

  1. Debat IV Minggu, 21 Januari 2024.

 

Tema: energi, sumber daya alam (SDA), pajak karbon, pangan, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

 

  1. Debat V Minggu, 4 Februari 2024.

 

Tema: teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, pemberitaan bohong atau hoaks, intoleransi pendidikan, kesehatan, dan ketenagakerjaan.

 

Tata Cara Pelaksanaan Debat Capres-Cawapres 2024

 

Terkait tata cara pelaksanaan debat capres dan cawapres, KPU telah menerbitkan Keputusan KPU No. 1621 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum.

 

“Pedoman teknis sudah ada. Nanti soal alur dan segala macamnya dalam 120 menit itu seperti apa, tadi sudah kami bahas. Nanti secara tertulis, teknisnya akan disusun, kemudian disampaikan kepada masing-masing tim paslon agar mereka mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik,” ucap Hasyim,

Baca Juga :  Cuma Menjabat 8 Bulan Saja, AHY Pegang Rekor Menteri Tersingkat di Kabinet Jokowi

 

Berdasarkan beleid tersebut, model debat capres-cawapres akan dilakukan dalam format kandidat-moderator. Durasi debat ditetapkan selama 150 menit, dengan rincian 120 menit untuk sesi debat dan 30 menit untuk jeda iklan. Iklan yang disiarkan merupakan iklan layanan masyarakat yang sudah disiapkan oleh KPU.

 

Berikut rincian segmen/babak dan sesi debat capres-cawapres:

 

– Babak I: pembukaan, pembacaan tata tertib, serta penyampaian visi, misi, dan program kerja.

 

– Babak II: pendalaman visi, misi, dan program kerja.

 

– Babak III: pendalaman visi, misi, dan program kerja oleh moderator.

 

– Babak IV: tanya jawab dan sanggahan.

 

– Babak V: tanya jawab dan sanggahan.

 

– Babak VI: penutup.

 

Selain itu, KPU juga mengatur tata tertib debat yang menyatakan bahwa capres-cawapres dan tamu undangan dilarang membawa atribut kampanye Pemilu dan meneriakkan yel-yel atau slogan. Larangan juga mencakup intimidasi dalam bentuk ucapan dan/atau tindakan kepada pendukung kandidat serta membuat kegaduhan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com